Lele Kuning Raksasa Sungguhan Ada di Dunia

Lele Kuning Raksasa Sungguhan Ada di Dunia

Rachmatunnisa - detikInet
Jumat, 22 Okt 2021 05:45 WIB
hewan langka
Langka, Pemancing Tangkap Lele Kuning Raksasa. Foto: Martin Glatz
Jakarta -

Pemancing profesional Martin Glatz terkejut saat makhluk besar berwarna kuning melompat keluar dari air dan masuk ke perahunya. Ternyata itu adalah lele kuning raksasa.

Glatz saat itu sedang memancing di sebuah danau di Belanda bersama saudara kembarnya Oliver. Seumur hidupnya, dia telah menangkap banyak jenis ikan, termasuk lele. Namun belum pernah ada yang seperti ini.

"Saya belum pernah melihat ikan lele seperti itu sebelumnya. Saya masih terkejut dan kerepotan karena tangkapan itu, kata Glatz seperti dikutip dari Live Science, Jumat (22/10/2021).

Ikan tersebut adalah jenis wels, juga disebut sheatfish dan memiliki nama ilmiah Silurus glanis. Wels merupakan spesies lele besar yang berasal dari daerah luas di Eropa tengah, selatan, dan timur, serta di cekungan Laut Baltik, Laut Hitam, dan Laut Kaspia.

Menurut National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA), ikan ini dikenal karena ukurannya yang sangat besar, dapat tumbuh setidaknya sepanjang 2,7 meter dan beratnya mencapai 130 kilogram.

Namun lele wels sendiri jarang yang terlihat sekuning warna pisang seperti ikan yang ditangkap Glatz. Kebanyakan lele wels memiliki tubuh hitam kehijauan gelap, dengan beberapa bintik-bintik kuning.

NOAA menyebut lele kuning tersebut kemungkinan memiliki leucism, kelainan genetik langka yang menyebabkan pengurangan pigmentasi pada kulit dan rambut.

Pada mamalia, reptil, burung, dan ikan, leucism menghasilkan penampakan mencolok seperti penguin kuning dan paus pembunuh putih. Pada tahun 2017, seekor ikan lele kuning leucistic juga terlihat di Sungai Mississippi di Iowa, Amerika Serikat, dan menjadi berita besar surat kabar setempat.

Meski terlihat cantik dan langka bagi manusia, hewan leucistic menderita di alam liar. Dengan tubuh mereka yang terlihat cerah, hewan leucistic tampak menonjol sehingga memudahkan predator memangsanya.

Lele wels yang satu ini tampaknya berumur panjang, dan mungkin akan tumbuh lebih besar lagi. Setelah mengambil beberapa foto, Glatz melepaskan ikan itu kembali ke air dengan harapan ikan itu akan tumbuh sangat besar.



Simak Video "Mangut Lele Mbah Marto yang Legendaris di Yogyakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)