Foto Bumi Menakjubkan Dijepret Smartphone dari Antariksa

Foto Bumi Menakjubkan Dijepret Smartphone dari Antariksa

Fino Yurio Kristo - detikInet
Senin, 18 Okt 2021 13:11 WIB
Foto Bumi
Foto lengkungan Bumi menakjubkan dijepret smartphone dari antariksa (Foto: CNSA)
Jakarta -

Beberapa waktu lalu, China menerbangkan tiga astronaut dalam misi Shenzhou 3. Mereka tinggal di stasiun luar angkasa negara itu, Tiangong, selama 90 hari sebelum kembali ke Bumi pada pertengahan September silam. Tentunya banyak foto Bumi yang mereka abadikan.

Lembaga China Manned Space Agency (CMSA) telah memperlihatkan beberapa foto dari misi tersebut. Tidak hanya dengan kamera profesional, sebagian foto dijepret menggunakan smartphone dari stasiun antariksa tersebut.

"Netizen China mengetahui dari beberapa video di Juni bahwa para astronaut itu membawa beberapa perangkat buatan China, termasuk juga ponsel Huawei P30," sebut Space.com yang dikutip detikINET, Senin (18/10/2021).

Foto jepretan astronaut Liu Boming dan Tang Hongo dari jendela Tianhe, modul utama Tiangong, menunjukkan pemandangan China dan sekitarnya pada waktu malam. Terlihat pula area Taiwan.

Foto BumiFoto Bumi. Foto: CNSA

Salah satu foto Bumi juga menjepret cahaya melengkung di atas Bumi, fenomena yang disebabkan oleh cahaya yang melalui sodium atom di atas Bumi, di ketinggian antara 80 sampai 105 kilometer.

Misi Shenzhou 12 sendiri meluncur pada 16 Juni dan tiba di Tianh tujuh jam kemudian. Ketiga astronaut ini kemudian menghabiskan waktu satu setengah bulan di Tianhe dan menjadi misi luar angkasa berawak terpanjang yang pernah diluncurkan China.

Foto BumiFoto Bumi. Foto: CNSA

Selama berada di orbit, ketiga astronaut ini melakukan pengecekan sistem stasiun luar angkasa seperti menguji lengan robot modul Tianhe, mengatur suplai untuk misi berikutnya, dan menguji sistem pendukung kehidupan di Tianhe. Layaknya astronaut di ISS, ketiga astronaut China ini juga melakukan spacewalk atau berjalan di luar angkasa.

Shenzhou 12 merupakan satu dari empat misi pembangunan stasiun luar angkasa Tiangong yang akan diluncurkan China pada 2021-2022. Untuk menyelesaikan pembangunan proyek ambisius ini, China akan meluncurkan 11 misi, termasuk meluncurkan tiga modul utama stasiun luar angkasa.

Konstruksinya telah dimulai sejak April 2021 dengan peluncuran modul Tianhe. Modul seukuran bus kota ini yang menjadi rumah bagi Nie, Liu dan Tang selama 90 hari terakhir.

China berencana meluncurkan misi selanjutnya, Shenzhou 13, pada bulan Oktober dengan awak astronaut yang berbeda. Awak di misi Shenzhou 13 dijadwalkan tinggal di luar angkasa selama enam bulan. Foto Bumi baru pun jelas akan mereka jepret.



Simak Video "Rencana China Sempurnakan Stasiun Luar Angkasa Tiangong"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)