NASA Potret Penampakan Mata Langit di Luar Angkasa

NASA Potret Penampakan Mata Langit di Luar Angkasa

Rachmatunnisa - detikInet
Rabu, 06 Okt 2021 12:11 WIB
galaksi mata
NASA Potret Penampakan Mata Langit di Luar Angkasa (Foto: NASA)
Jakarta -

Dalam kondisi tertentu, gambar galaksi dengan pusatnya akan tampak mengesankan menyerupai bermacam bentuk. Seperti gambar yang dibagikan NASA kali ini, tampak seperti penampakan mata langit di luar angkasa.

Seperti dikutip dari WIO News, Rabu (6/10/2021) galaksi tersebut memiliki lubang hitam supermasif di pusatnya. Inti galaksi memancarkan sejumlah besar radiasi elektromagnetik.

Galaksi itu bernama Seyfert, atau di kalangan ilmiah diidentifikasi sebagai NGC 5728. Galaksi Seyfert terlihat seperti galaksi pada umumnya, tetapi memiliki inti galaksi aktif yang memiliki luminositas tinggi yang luar biasa.

Informasi tambahan menyebutkan, galaksi ini termasuk dalam kelas galaksi yang dikenal sebagai sumber radiasi elektromagnetik paling bercahaya. Adapun gambar yang dibagikan oleh NASA ini diabadikan oleh teleskop Luar Angkasa Hubble.

Luminositas galaksi Seyfert adalah 10^8 hingga 10^11 kali luminositas Matahari. Gambar galaksi yang menakjubkan ditangkap oleh Wide Field Camera 3 (WFC3) dari Hubble.

Ini bukan pertama kalinya ditemukan galaksi dengan bentuk seperti mata. Sebelumnya pun sudah pernah ada bentuk serupa, bahkan bermacam-macam. Ada yang menyerupai wajah hantu, kupu-kupu cantik, mata kucing, dan masih banyak lagi.



Simak Video "Rencana China Sempurnakan Stasiun Luar Angkasa Tiangong"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)