NASA Kecam Orang Terkaya Dunia: Cuma Pentingkan Diri Sendiri

NASA Kecam Orang Terkaya Dunia: Cuma Pentingkan Diri Sendiri

Fino Yurio Kristo - detikInet
Senin, 04 Okt 2021 22:37 WIB
Sosok Jeff Bezos jadi sorotan. Pasalnya pendiri Amazon sekaligus salah satu orang terkaya dunia itu dikabarkan berinvestasi di startup e-commerce Indonesia, Ula
Jeff Bezos. Foto: AP Photo/Pablo Martinez Monsivais
Jakarta -

NASA sedang mencak-mencak dengan orang terkaya dunia, Jeff Bezos. Gugatan hukum yang dilancarkan pemilik Amazon dan Blue Origin itu pada NASA mengancam misi penting pendaratan manusia di Bulan tertunda. Belum lagi proses hukum bisa panjang dan juga mahal.

Seperti diberitakan, Blue Origin memperkarakan NASA beberapa waktu lalu karena dinilai tidak adil dengan memilih SpaceX sebagai pembuat sistem pendaratan di Bulan atau Human Landing System (HLS). Dalam gugatan ini, Blue Origin berargumen bahwa proses evaluasi proposal NASA melanggar hukum dan tidak tepat.

"Blue Origin mengajukan gugatan di US Court of Federal Claims dalam upaya untuk memperbaiki kekurangan dalam proses akuisisi di Human Landing System NASA," kata juru bicara Blue Origin.

Misi ke Bulan direncanakan berlangsung pada tahun 2024, akan tetapi jadwal itu sekarang mungkin berubah sampai selesainya proses hukum tersebut. Jika gugatan itu berhasil, NASA kemungkinan akan kembali melakukan proses lelang yang memakan waktu. NASA pun menyebut Blue Origin, tentu di bawah komando Jeff Bezos, hanya mementingkan diri sendiri alias egois.

"Semua momentum yang terjadi sekali dalam satu generasi ini bisa tidak berlangsung oleh satu pihak, dalam kasus ini Blue Origin, yang mencari cara untuk memprioritaskan keuntungannya sendiri di atas NASA, Amerika Serikat, dan setiap orang yang hidup saat ini yang bermimpi melihat manusia mengeksplorasi dunia di luar Bumi kita," sebut NASA dilansir Independent dari Inggris, Senin (4/10/2021).

Bahkan tidak menutup kemungkinan menurut NASA, gugatan hukum itu membatalkan misi Artemis yang akan mendaratkan kembali astronaut di permukaan Bulan. Selain NASA, Elon Musk selaku pemilik SpaceX juga berulangkali menyindir Bezos dan Blue Origin.

"Ia (Jeff Bezos) harus mengerahkan lebih banyak tenaganya untuk bisa terbang ke orbit daripada melayangkan gugatan," kata Musk dalam wawancara dengan Kara Swisher di Code Conference, seperti dikutip dari Cnet, Senin (29/9).

"Gugatan hukum tidak bisa membawamu ke Bulan, tidak peduli seberapa bagus pengacaramu," sambungnya.



Simak Video "Mengintip Properti Baru Jeff Bezos di Pulau Maui Hawaii"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)