Wujud Menakjubkan Bumi Bulat dari Jendela Pesawat SpaceX

Wujud Menakjubkan Bumi Bulat dari Jendela Pesawat SpaceX

Fino Yurio Kristo - detikInet
Sabtu, 18 Sep 2021 13:04 WIB
spacex
Ilustrasi memandang Bumi dari pesawat SpaceX. Foto: Inspiration4
Jakarta -

SpaceX telah menerbangkan 4 warga sipil, para astronaut amatir, menuju orbit Bumi dalam misi bernama Inspiration4. Mereka melayang selama tiga hari dan bisa menyaksikan pemandangan Bumi bulat yang menakjubkan.

Ya, tidak seperti misi Blue Origin atau Virgin Galactic yang cuma beberapa menit di orbit Bumi, pesawat Dragon Crew yang dilesatkan roket Falcon 9 jauh lebih lama berada di antariksa. Pesawat ini berada di ketinggian 585 kilometer, lebih tinggi dari International Space Station (ISS) dan mengelilingi Bumi.

Jelas saja para kru dapat melihat pemandangan Bumi yang menakjubkan, apalagi ada kubah khusus di bagian atas pesawat yang berfungsi seperti jendela. Dari situlah mereka dapat leluasa melihat Bumi dalam 360 derajat. SpaceX pun membagikan seperti apa yang mereka saksikan.

Pesawat tersebut akan kembali ke Bumi pada 18 September waktu Amerika Serikat dan dirancang mendarat di lautan. komandan penerbangan ini adalah Jared Isaacman, pendiri dan CEO perusahan teknologi Shift4 Payments.

Jared adalah penyandang dana dan dia memilih tiga orang lain untuk menemaninya, yang dipilih olehnya melalui seleksi. Pertama, Hayley Arceneaux selaku asisten di St Jude Children's Research Hospital. Hayley yang berumur 29 tahun pernah menderita kanker tulang pada umur 10 tahun. Isaacman ingin mengumpulkan sumbangan uang untuk rumah sakit tersebut.

Kedua, ada Dr Sian Proctor yang berusia 51 tahun. Dia adalah seorang profesor geologi di South Mountain Community College, Arizona. Sian pernah hampir terpilih jadi astronaut NASA di 2009, tapi gagal di saat-saat akhir.

Terakhir adalah Chris Sembroski usia 42 tahun, yang merupakan veteran Angkatan Udara Amerika. Dia saat ini bekerja sebagai engineer di perusahaan Lockheed Martin. Mereka semua bisa memandang Bumi dari angkasa sepuasnya.

Tonton juga video Sudut Pandang tentang Kampung Janda berikut ini:

[Gambas:Video 20detik]



(fyk/rns)