Ini Bedanya Wisata Luar Angkasa SpaceX vs Blue Origin

Ini Bedanya Wisata Luar Angkasa SpaceX vs Blue Origin

Aisyah Kamaliah - detikInet
Jumat, 17 Sep 2021 22:36 WIB
SpaceX vs Blue Origin, Mana yang Lebih Maju?
Beda Misi Penerbangan Blue Origin Jeff Bezos dan SpaceX Elon Musk, Apa Saja? Foto: The Economic Times
Jakarta -

Blue Origin Jeff Bezos dan SpaceX Elon Musk saling berlomba untuk menjadi yang terbaik dalam wisata luar angkasa. Tapi tak bisa disamakan begitu saja, ada perbedaan dari misi penerbangan yang baru-baru ini mereka lakukan.

detikINET sudah merangkumnya untuk kamu semua mengenai perbedaan yang ada pada misi keduanya. Kita mulai dari misi penerbangan perusahaan Bezos.

Penerbangan Blue Origin

Jeff Bezos terbang pada 20 Juli dengan saudaranya Mark, mahasiswa fisika berusia 18 tahun Oliver Daeman dan penerbang Wally Funk yang pernah sempat ingin jadi astronaut namun gagal di tahap terakhir. Wally Funk terbang di usia 82 tahun. Blue Origin terbang tepat di atas apa yang disebut para ahli sebagai garis Karman, garis imajiner di ruang angkasa yang berada 100 km di atas permukaan laut. Inilah yang oleh beberapa orang didefinisikan sebagai batas antara atmosfer dan ruang angkasa Bumi.

Blue Origin Jeff BezosBlue Origin Jeff Bezos. Foto: AP

Bezos berada kurang lebih 11 menit di atas Bumi dalam misi First Human Flight tersebut dengan roket New Shepard. Roket meluncur dengan kecepatan hingga 3.500 km/jam.



Penerbangan SpaceX

Penerbangan ini mencatat sejarah karena semua penumpangnya merupakan warga sipil yang tidak dilatih untuk menjadi astronaut NASA. Elon Musk tidak ikut. Penerbangan ini dibiayai oleh pendiri dan CEO perusahan teknologi Shift4 Payments Jared Isaacman. Misinya dinamakan Inspiration4.

Isaacman ikut dalam misi ini bersama Dr Sian Proctor seorang profesor geologi di South Mountain Community College Arizona Sian yang pernah hampir terpilih jadi astronaut NASA di 2009.

In this Aug. 8, 2021 photo provided by John Kraus, from left, Chris Sembroski, Sian Proctor, Jared Isaacman and Hayley Arceneaux stand for a photo in Bozeman, Mont., during a In this Aug. 8, 2021 photo provided by John Kraus, from left, Chris Sembroski, Sian Proctor, Jared Isaacman and Hayley Arceneaux stand for a photo in Bozeman, Mont., during a "fighter jet training" weekend to familiarize the crew with G-forces. (John Kraus/Inspiration4 via AP) Foto: AP/John Kraus

Ada juga Hayley Arceneaux selaku asisten di St Jude Children's Research Hospital. Hayley yang berumur 29 tahun pernah menderita kanker tulang pada umur 10 tahun. Isaacman ingin mengumpulkan sumbangan uang untuk rumah sakit tersebut. Terakhir adalah Chris Sembroski usia 42 tahun, yang merupakan veteran Angkatan Udara Amerika. Dia saat ini bekerja sebagai engineer di perusahaan Lockheed Martin.

Kapsul Crew Dragon berhasil mencapai orbit 10 menit setelah lepas landas. Kapsul ini terbang hingga ketinggian 575 km, lebih tinggi dari posisi International Space Station dan teleskop luar angkasa Hubble. Mereka akan mengitari Bumi 90 menit sekali dengan kecepatan sekitar 22 kali kecepatan suara.



Simak Video "Blue Origin Tunda Keberangkatan William Shatner ke Luar Angkasa"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)