Planet Terbesar Tata Surya Dihantam Benda Raksasa

Planet Terbesar Tata Surya Dihantam Benda Raksasa

Rachmatunnisa - detikInet
Kamis, 16 Sep 2021 06:45 WIB
jupiter
Planet Terbesar Tata Surya Dihantam Benda Raksasa. Foto: NASA
Jakarta -

Sebagai planet terbesar di Tata Surya kita, Jupiter menjadi target yang cukup mudah dikenai sasaran. Astronom mendeteksi Jupiter baru saja dihantam benda besar.

Sepertinya ada sesuatu yang melepaskan keberadaannya untuk mencoba membuat penyok Jupiter. Namun, berurusan dengan planet yang merupakan raksasa gas ini membuat hal itu tidak mudah.

Sebaliknya, astronom asal Brasil Jose Luis Pereira melihat asteroid besar, atau komet kecil, atau entah apa karena belum diketahui secara pasti, mengeluarkan kilatan terang yang berhasil terekam.



"Belum banyak info tentang objek yang terkena dampak, tetapi kemungkinan benda itu sangat besar atau bergerak cepat," kata badan antariksa Eropa ESA lewat akun Twitter.

Ini bukan pertama kalinya Jupiter menjadi sasaran benda besar. Kilatan serupa terdeteksi pertama kali oleh seorang astronom amatir pada Agustus 2019. Kita juga bisa menemukan sejumlah pengamatan online yang memperlihatkan peristiwa serupa yang terjadi pada Jupiter di tahun 2018, 2016, 2012, 2010, dan 2009.

Tampaknya tidak mungkin benda yang menabrak Jupiter pekan ini akan mendekati ukuran tabrakan komet. Namun para astronom saat ini sibuk meninjau pengamatan planet tersebut untuk mencari petunjuk.



Simak Video "Ada Uap Air Terdeteksi di Satelit Jupiter Ganymede"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/afr)