Foto Tepi Bumi Spektakuler Dijepret dari Antariksa

Foto Tepi Bumi Spektakuler Dijepret dari Antariksa

Fino Yurio Kristo - detikInet
Senin, 13 Sep 2021 08:18 WIB
Foto Tepi Bumi
Foto yang seakan adalah tepi Bumi. Foto: Thomes Pesquet
Jakarta -

Thomas Pesquet adalah astronaut asal Perancis yang gemar menjepret foto keren Planet Bumi dari lokasinya saat ini, International Space Station (ISS). Terbaru, ia memotret pemandangan yang seakan-akan adalah tepi Bumi.

Foto itu ia posting di Twitter, menampakkan Bumi secara vertikal. Tampak cahaya terang perkotaan dan cahaya dari atmosfer bersisian dengan sinar dari bintang-bintang yang berada nun jauh di sana.

"Foto malam yang diambil dari Cupola ISS, terkadang cahaya dari bintang-bintang bertarung melawan cahaya dari perkotaan untuk menentukan siapa yang paling cemerlang dan lebih indah," tulisnya di Twitter.

Warna seperti orange yang terlihat berada antara Bumi dengan antariksa terbuat dari atom sodium netral di lapisan atas atmosfer, yang berasal dari pembakaran meteor. Atom sodium itu menciptakan sinar yang terlihat dari luar angkasa.

Pesquet terbang di ISS membawa bendera lembaga antariksa Uni Eropa, yaitu European Space Agency (ESA). Ini adalah misi keduanya di ISS, di mana ia tiba April silam menggunakan kapsul buatan SpaceX.

Mengambil foto dari antariksa menurut Pesquet menghadirkan tantangan tersendiri. "Foto semacam ini sulit dijepret dan aku lebih banyak gagal mengambilnya daripada apa yang sudah kubagikan," katanya seperti dikutip detikINET dari Daily Mail.

"Jadi sebagai fotografer, Anda tidak hanya harus benar-benar dalam keadaan diam sambil memegang kamera, stasiun luar angkasa ini juga bergerak dengan sangat cepat sehingga inilah tantangan dari fotografi luar angkasa," tambah dia.

Ia biasanya mengambil foto dari lokasi di ISS yang disebut Cupola itu, yaitu semacam kubah yang menghadap ke bawah. Biasanya, ISS bergaerak dengan 'perut' berada di bawah sehingga tempat itu dipandang ideal untuk menjepret foto-foto keindahan Planet Bumi.



Simak Video "Momen Bersejarah Kru Film Rusia Tiba di Luar Angkasa"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/afr)