Tanda Bahaya Berbunyi! Stasiun Antariksa Dikagetkan Alarm Kebakaran

Tanda Bahaya Berbunyi! Stasiun Antariksa Dikagetkan Alarm Kebakaran

Rachmatunnisa - detikInet
Jumat, 10 Sep 2021 13:15 WIB
SpaceX Crew Launch ISS
Tanda Bahaya Berbunyi! Stasiun Luar Angkasa Dikagetkan Alarm Kebakaran. Foto: AP
Jakarta -

Astronaut di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) dibangunkan oleh alarm asap pada Kamis (9/9) pagi. Suara alarm terdengar dari bagian struktur modul Rusia.

Syukurlah tidak ada korban dari peristiwa ini. Para kru selamat dan perjalanan antariksa yang dijadwalkan hari ini tetap akan dilakukan setelah semua pengecekan selesai.

Alarm berbunyi berasal dari modul Zvezda, struktur milik Rusia yang ditambahkan ke ISS pada tahun 2000. Tidak diketahui jelas apa yang memicu alarm kebakaran menyala.

Menurut kantor berita Rusia RIA Novosti, kosmonaut Oleg Novitsky melaporkan kepada kontrol misi bahwa kru mencium bau asap dan astronaut Prancis Thomas Pesquet mencium bau plastik terbakar.

Dikutip dari Science Alert, badan antariksa Rusia Roscosmos mengatakan dalam sebuah tweet bahwa alarm berbunyi saat baterainya sedang diisi ulang dan semua sistem saat ini sudah beroperasi secara normal.

Sistem pemurni udara pun dihidupkan tindakan pertolongan atas insiden tersebut. Para pejabat terkait mengkonfirmasi bahwa udara di ISS aman bagi kru, namun tidak dijelaskan apakah akan ada risiko jika udara tidak dibersihkan.

Ini bukan pertama kalinya modul Zvezda mengalami masalah seperti ini. Awak ISS juga pernah melaporkan asap keluar dari modul tersebut pada tahun 2014. Lalu di tahun 2020, astronaut melacak kebocoran udara di ISS.

Bagian milik Rusia lainnya di ISS juga baru-baru mengalami masalah. Pekan lalu, kosmonaut melaporkan temuan retakan di modul Zarya. Modul ini merupakan bagian awal ISS ketika pertama kali diluncurkan pada 1998.

Selain itu, awal bulan ini, modul ISS baru Rusia yang bernama Nauka, secara keliru menembakkan pendorongnya dan menyebabkan stasiun itu terbalik 540 derajat.

Untuk diketahui, ISS telah beroperasi selama lebih dari 20 tahun. Kini, stasiun tempat para astronaut bertugas ini mulai menunjukkan tanda-tanda usianya. Sejumlah pengamat memprediksi kemungkinan ISS akan mengalami deorbit dalam dekade ini.



Simak Video "Momen Bersejarah Kru Film Rusia Tiba di Luar Angkasa"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)