5 Fakta Terunik Candi Borobudur yang Kalian Perlu Tahu

5 Fakta Terunik Candi Borobudur yang Kalian Perlu Tahu

Tim - detikInet
Jumat, 10 Sep 2021 07:19 WIB
Objek wisata Candi Borobudur
5 Fakta Menarik Candi Borobudur yang Kalian Perlu Tahu. (Foto: Fitraya Ramadhanny/detikcom)
Jakarta -

Sebagai mahakarya arsitektur Indonesia, Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah menyimpan banyak fakta menarik. Meski peninggalan bersejarah ini sangat terkenal, ada sejumlah rahasia yang belum diketahui khalayak.

Megahnya bangunan dengan arsitektur unik Candi Borobudur selalu membuat para wisatawan terpesona. Berikut ini fakta-fakta menarik tentang Candi Borobudur, dihimpun detikINET dari berbagai sumber, Jumat (10/9/2021):

1. Menyimpan ilmu Matematika canggih

Banyak ilmuwan modern meneliti Candi Borobudur lewat pendekatan ilmu yang disebut dengan Etnomatematika. Etnomatematika adalah Matematika yang tumbuh dan berkembang dari suatu budaya dan kelompok etnis tertentu.

Dari situ, para ilmuwan bersepakat kalau Candi Borobudur adalah bangunan dengan rumus Geometri Fraktal. Ini adalah cabang matematika mengenai bentuk yang memiliki pola berulang dengan detail tak terhingga yang dihasilkan dari pola rekursif.

Ilmu Matematika canggih ini seperti menjadi rahasia Candi Borobudur yang baru terungkap di zaman modern. Penelitian geometri fraktal di Candi Borobudur menghasilkan ratusan paper ilmiah.

2. Peninggalan Dinasti Syailendra

Candi Borobudur dibangun pada abad ke-8 dan 9 sekitar tahun 800 masehi pada masa pemerintahan Dinasti Syailendra. Pembangunannya diprediksi membutuhkan waktu puluhan hingga ratusan tahun sampai benar-benar rampung pada masa pemerintahan Raja Samaratungga tahun 825 masehi.

Meski selesai dibangun, tidak ada catatan sejarah yang menjelaskan siapa sosok yang membangun Candi Borobudur. Pasalnya, pada masa itu agama Hindu dan Buddha berkembang bersamaan di Pulau Jawa. Dinasti Syailendra tercatat sebagai penganut agama Buddha aliran Mahayana sementara di sekitar Borobudur juga terdapat penganut Hindu aliran Siwa.

Selanjutnya: Sempat terkubur berabad-abad hingga bentuk Candi Borobudur