Viral Pemancing Dapat Ikan Aneh Mirip Kulit Roti Kebab

Viral Pemancing Dapat Ikan Aneh Mirip Kulit Roti Kebab

Fino Yurio Kristo - detikInet
Selasa, 07 Sep 2021 15:15 WIB
Ikan Aneh
Ikan aneh mirip kulit roti kebab. Foto: Live Science
Florida -

Seorang pemancing kaget karena memperoleh ikan aneh yang berwujud lain dari yang lain. Itu karena kulitnya mirip-mirip tortila atau kulit roti kebab.

"Ikan apa ini ya? Ada 200 spesies ikan yang ada di Tampa Bay dan ini adalah salah satu ikan paling aneh yang pernah saya tangkap," kata pemancing yang bernama Tom Borsworth.

Ceritanya, Tom sedang memancing di area Tampa Bay, Florida, Amerika bersama dua rekannya ketika menangkapnya pada bulan Maret silam. Ia pada awalnya merasa kecewa memperolehnya karena menganggap ukurannya terlalu mungil.

Akan tetapi ketika mengamatinya dengan lebih seksama, Tom kemudian heran karena kulitnya ternyata berbentuk unik, di mana warnanya putih dengan bintik orange di beberapa sudut. Lalu mulutnya berukuran kecil. Mereka menjepret beberapa fotonya lalu melepas ikan aneh itu yang kemudian berenang pergi.

Beberapa waktu kemudian tepatnya bulan Agustus kemarin, lembaga Florida Fish and Wildlife Conservation Commission (FFWCC) mengidentifikasi apa jenis ikan tersebut. Tom memang mengirim foto ikan itu ke lembaga ini karena merasa penasaran.

Di halaman Facebook-nya, FFWCC menjelaskan bahwa ikan mirip kebab ini adalah filefish orange dengan nama ilmiah Aluterus schoepfii. Setiap tahun, rupanya ada beberapa orang mengirim foto ikan tersebut karena merasa bentuknya aneh.

Walaupun namanya oranye, sejatinya ikan tersebut sejatinya ada beberapa varian warna dan pola kulit, dari abu-abu sampai warna putih. Habitatnya biasanya di dasar rumput laut di mana mereka makan vegetasinya.

Ikan aneh yang ternyata tidak terlalu aneh ini populasinya cukup banyak. Ketika merasa terancam, Aluterus schoepfii punya perlindungan diri seperti dapat memunculkan duri di punggungnya dalam rangka menghindari mulut pemangsanya.

Bagi para predatornya di lautan, ikan filefish ini barangkali enak rasanya, tapi tidak bagi manusia. Sebabnya kulitnya keras dan kasar serta selain itu, dagingnya tidak banyak.



Simak Video "Wow! Pagar Akuarium Ikan Koi Ini Habiskan Rp 50 Juta"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)