Jeff Bezos Disebut Danai Proyek untuk Hidup Abadi

Jeff Bezos Disebut Danai Proyek untuk Hidup Abadi

Fino Yurio Kristo - detikInet
Senin, 06 Sep 2021 16:17 WIB
Meme Jeff Bezos
Jeff Bezos Disebut Danai Proyek untuk Hidup Abadi (Foto: Unwired View)
San Francisco -

Sebagian manusia terobsesi menghambat penuaan, bahkan bisa hidup selama mungkin. Itu pula yang menjadi alasan didirikannya startup baru di Silicon Valley ini yang dinamakan Altos Labs. Salah satu investornya adalah orang terkaya dunia, Jeff Bezos.

Seperti dikutip detikINET dari MIT Technology Review, Senin (6/9/2021) awalnya beberapa ilmuwan berkunjung ke rumah milarder Rusia, Yuri Milner, di Palo Alto. Bahasannya adalah bagaimana bioteknologi bisa dimanfaatkan untuk membuat orang jadi lebih muda dari aslinya.

Milner selama ini antusias di bidang sains, tiap tahun ia memberikan hadiah USD 3 juta pada ilmuwan yang dinilai pantas diberi penghargaan. Namun agaknya kini dia ingin serius berkecimpung di teknologi anti penuaan.

Pertemuan di rumahnya itulah yang menjadi cikal bakal dibentuknya Altos Labs. Menurut sumber, startup ini mengejar teknologi pemrograman ulang biologi, sebuah cara untuk meremajakan sel di laboratorium yang mungkin dapat merevitalisasi seluruh tubuh hewan dan pada akhirnya dimanfaatkan untuk memperpanjang usia manusia.

Startup ini telah merekrut para ilmuwan dari universitas top dengan iming-iming gaji besar dan mendapat kesempatan seluasnya untuk meriset bagaimana sel menua dan membalikkan proses tersebut.

Salah satu ilmuwan terkemuka yang bergabung adalah Juan Carls Izpisua Belmonte, pakar biologi asal Spanyol. Dia terkenal karena riset yang memadukan embrio monyet dan manusia, serta pernah memprediksi umur manusia bisa ditingkatkan 50 tahun dari umumnya.

Kemudian ada peraih Nobel Shinya Yamanaka serta Steve Horvath, profesor di UCLA yang mengembangkan semacam jam biologi untuk memprediksi penuaan dengan akurat. "Walaupun ada banyak tantangan untuk diatasi, ada potensi yang sangat besar," kata Yamanaka ketika dikonfirmasi.

Sumber menyebutkan Jeff Bezos, orang terkaya sejagat yang telah pensiun dari Amazon, menjadi investornya selain tentu Milner sendiri. Bezos sebelumnya sudah berinvestasi di beberapa perusahaan teknologi kesehatan dan bioteknologi.

Misalnya saja Unity Biotechnology, perusahaan yang sedang mencari obat untuk menahan penuaan serta Grail, start-up yang mengembangkan tes darah untuk mengobati kanker. Dengan kekayaan melimpah, Jeff Bezos mungkin ingin bisa hidup lebih lama.



Simak Video "Elon Musk Salip Jeff Bezos Jadi Orang Terkaya di Dunia Lagi"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)