Susul Amerika, China Bikin Helikopter Penjelajah Mars

Susul Amerika, China Bikin Helikopter Penjelajah Mars

Virgina Maulita Putri - detikInet
Minggu, 05 Sep 2021 16:35 WIB
Helikopter Ingenuity
Ilustrasi helikopter Ingenuity buatan NASA Foto: NASA
Jakarta -

Kesuksesan NASA menerbangkan helikopter mini Ingenuity di Planet Mars sepertinya menginspirasi China. Negeri Tirai Bambu saat ini sedang mengembangkan prototipe helikopter mini yang akan digunakan untuk menjelajahi Mars.

Helikopter ini dikembangkan oleh National Space Science Center (NSSC). Dari foto yang diunggah di situs NSSC, wujud helikopter Mars buatan China terlihat mirip seperti Ingenuity.

Helikopter mini bernama 'Mars cruise drone' ini terlihat memiliki dua bilah baling-baling, empat kaki, dan instrumen sains seperti kamera dan sensor. Satu hal yang membedakan helikopter ini dengan Ingenuity adalah absennya panel surya di bagian atas, seperti dikutip dari Reuters, Minggu (5/9/2021).

Saat ini helikopter Mars buatan China sudah lolos tinjauan penerimaan terakhir sejak 20 Agustus lalu, dan kemungkinan akan berlanjut ke proses pengembangan selanjutnya.

Helikopter Mars buatan ChinaHelikopter Mars buatan China Foto: dok. NSSC

NSSC mengatakan helikopter ini akan membantu China menjelajahi Mars dalam misi eksplorasi masa depan, tapi mereka tidak membagikan detail tentang jadwal peluncurannya. Helikopter ini dilengkapi dengan spektrometer untuk mensurvei permukaan Mars dari ketinggian dan mempelajari geologi Planet Merah.

Tidak diketahui mengapa China memutuskan meniru desain Ingenuity untuk helikopter Marsnya. Mungkin karena NASA sudah membuktikan desain ini berhasil membawa Ingenuity mengangkasa di kondisi atmosfer Mars yang sangat tipis.

Ingenuity merupakan kendaraan bermesin pertama yang bisa mengangkasa di planet selain Bumi. Hingga saat ini helikopter berbobot 1,8 kg tersebut sudah terbang 10 kali dan mencapai ketinggian tiga meter dari permukaan.

Pengembangan helikopter Mars ini tentu akan memperkuat mimpi China untuk menguasai antariksa. Misi pertama China ke Mars adalah Tianwen-1 yang berhasil mengorbit di Planet Merah pada Februari tahun ini.

Pencapaian ini diikuti dengan pendaratan rover Zhurong pada Mei 2021. Untuk bisa menyalip NASA dan Amerika Serikat, China juga berambisi meluncurkan misi berawak pertamanya ke Mars pada tahun 2033.



Simak Video "Robot China di Mars Sudah Berjalan 236 Meter Sejak 15 Mei"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fyk)