6 Struktur Rahasia Tersembunyi di Bawah Lapisan Es Greenland

6 Struktur Rahasia Tersembunyi di Bawah Lapisan Es Greenland

Rachmatunnisa - detikInet
Kamis, 02 Sep 2021 07:45 WIB
Gletser Greenland
6 Struktur Rahasia Tersembunyi di Bawah Lapisan Es Greenland. Foto: CNN
Jakarta -

Greenland menyimpan banyak rahasia yang masih misterius yang tersembunyi jauh di dalam lapisan es di bawahnya. Ada sejumlah struktur rahasia di dalamnya.

Fridtjof Nansen, pemimpin ekspedisi pertama melintasi Greenland, pernah menggambarkan apa yang dia temukan di Kutub Utara sebagai petualangan besar di dunia es yang sungguh dalam dan murni tak terhingga. Sayangnya, Nansen yang melakukan perjalanannya pada tahun 1888 tidak bisa mengetahui keajaiban yang tersembunyi di bawah lanskap es di bawah papan skinya.

Kini, berkat radar dan teknologi lainnya, bagian Greenland yang berada di bawah lapisan es setebal 3.000 meter menjadi fokus. Alat-alat baru ini mengungkapkan lanskap kompleks dan tak terlihat yang menyimpan petunjuk tentang masa lalu dan masa depan Arktik. Berikut ini beberapa struktur misterius yang terdeteksi berada di bawah lapisan es Greenland.

greenlandFoto: Space.com

Ngarai terpanjang di dunia

Lapisan es Greenland menyembunyikan ngarai terpanjang di dunia. Ditemukan pada tahun 2013, ngarai ini membentang 740 kilometer dari titik tertinggi di Greenland tengah hingga Gletser Petermann di pantai barat laut. Itu jauh lebih panjang dari Yarlung Tsangpo Grand Canyon yang panjangnya 308 496 km, ngarai terpanjang di Bumi yang benar-benar dapat kita lihat.

Ngarai di bawah lapisan es Greenland memiliki kedalaman hingga 800 m di beberapa tempat, dan lebarnya 10 km. Sebagai perbandingan, Grand Canyon di Arizona rata-rata memiliki kedalaman sekitar 1,6 km dan lebar 16 km.

Bagian dari ngarai dapat mengalirkan air lelehan dari bawah lapisan es ke laut. Ngarai ini mungkin terbentuk sebelum tertutup lapisan es dan pernah menjadi saluran untuk aliran sungai besar.

greenlandFoto: Space.com

Gunung tak terlihat

Ngarai bukan satu-satunya bagian terjal dari lanskap bawah es Greenland. Dekade pemetaan pulau dengan radar penembus es (yang biasanya dipasang di pesawat terbang) telah mengungkapkan keberadaan pegunungan terjal di dalamnya.

Sebuah peta Greenland yang dilucuti es tahun 2017 menunjukkan depresi berbentuk mangkuk seperti di tengah pulau. Sebuah lingkaran pegunungan pesisir melingkari ceruk depresi ini. Peta tersebut mengungkapkan topografi yang mendasari gletser yang mengalir di Greenland, yang dapat membantu para ilmuwan memprediksi seberapa cepat gletser akan bergerak dalam kondisi pemanasan dan seberapa cepat mereka akan melepaskan gunung es ke laut.

greenlandFoto: Space.com

Danau purba

Ratusan ribu atau jutaan tahun yang lalu, sebelum Greenland tertutup es, danau ini merupakan rumah bagi sebuah danau lainnya yang berukuran cukup besar.

Kini, danau tersebut berubah menjadi struktur depresi yang diisi oleh sedimen. Catatan ilmuwan menyebutkan, danau purba tersebut pernah diisi air sedalam 250 m di beberapa tempat. Cekungan danau mencakup 7.100 km persegi dan dialiri oleh setidaknya 18 sungai berbeda.

Dasar danau dapat menyimpan petunjuk berharga tentang iklim Kutub Utara di masa lalu. Namun untuk menemukan rahasia ini, diperlukan lapisan es sedalam 1,8 km yang kini menutupi danau kuno tersebut.