Nanti Malam Blue Moon, Ini Jadwal dan Cara Melihatnya

Nanti Malam Blue Moon, Ini Jadwal dan Cara Melihatnya

Aisyah Kamaliah - detikInet
Minggu, 22 Agu 2021 12:10 WIB
A blue moon rises through clouds in San Diego, California, U.S., January 30, 2018.    REUTERS/Mike Blake
Jadwal dan cara melihat Blue Moon atau Bulan Biru. Foto: REUTERS/Mike Blake
Jakarta -

Blue moon terjadi pada 22 Agustus 2021. Banyak yang bertanya-tanya mengenai jadwal dan cara melihat blue moon. Tapi sebelum membahas itu, apa yang dimaksud dengan blue moon?

Blue moon adalah salah satu bulan purnama tambahan. Blue moon terbagi menjadi dua, yakni blue moon bulanan (monthly blue moon) dan blue moon musiman (seasonal blue moon). Seasonal blue moon lebih jarang daripada monthly blue moon.

Blue moon bulanan dapat terjadi jika Bulan purnama terjadi di sekitar awal bulan Masehi. Hal ini dikarenakan rata-rata lunasi sebesar 29,53 hari, lebih pendek dibandingkan dengan 11 bulan dalam kalender Masehi. Sedangkan blue moon musiman (seasonal blue moon) terjadi sedikit lebih jarang daripada blue moon bulanan.

Dalam 1.100 tahun antara 1550 dan 2650, ada 408 blue moon musiman dan 456 blue moon bulanan. Dengan demikian, baik musiman maupun bulanan, blue moon terjadi kira-kira setiap dua atau tiga tahun. Nah, blue moon 22 Agustus 2021 ini termasuk bulan biru musiman.

Jadwal Blue Moon dipantau dari Indonesia

Blue moon dapat disaksikan di seluruh wilayah di Indonesia. Puncak Bulan Biru berlangsung pada pukul 19.01.56 WIB atau 20.01.56 WITA atau 21.01.56 WIT. Dengan kata lain, sejak Matahari terbenam sesuai geografis masing-masing hingga sebelum terbit Matahari, masyarakat sudah bisa disaksikan.

Blue moon atau bulan biruJadwal Blue moon atau bulan biru. Foto: LAPAN

Cara melihat Blue Moon

Tidak ada cara khusus untuk melihat peristiwa blue moon. Si "bulan biru" ini dapat disaksikan dengan kamera dan dipotret untuk mengabdikan momen tersebut.

Tetapi tentu saja, cuaca dan polusi juga mempengaruhi kejelasan dalam menyaksikan fenomena blue moon. Saksikan di tanah lapang akan lebih baik, terlebih di atas gunung atau gedung tinggi.



Simak Video "Fenomena Blue Moon Akan Menghiasi Langit Pada 22 Agustus"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/rns)