Foto Alam Semesta Terjernih yang Pernah Ada, 1,5 Miliar Pixel!

Foto Alam Semesta Terjernih yang Pernah Ada, 1,5 Miliar Pixel!

Aisyah Kamaliah - detikInet
Jumat, 20 Agu 2021 18:00 WIB
National Aeronautics and Space Administration (NASA) berhasil menangkap foto alam semesta dengan kualitas terbaik dan terjenih yang pernah ada. Fotonya mencapai 1,5 miliar pixel!

Gambar 1,5 miliar pixel yang luar biasa (69.536 x 22.230) ini adalah jepretan tetangga galaksi terdekat kita, Galaksi Andromeda (M31). Foto ini diambil dari Teleskop Hubble NASA yang memiliki kemampuan sangat mupuni. Meskipun M31 adalah tetangga terdekat Bumi, M31 terletak lebih dari 2 juta tahun cahaya dari planet kita.
Foto terjenih NASA, sampai 1,5 Miliar Piksel! Foto: NASA
Jakarta -

National Aeronautics and Space Administration (NASA) berhasil menangkap foto alam semesta dengan kualitas terbaik dan terjernih yang pernah ada. Fotonya mencapai 1,5 miliar pixel!

Gambar 1,5 miliar pixel yang luar biasa (69.536 x 22.230) ini adalah jepretan tetangga galaksi terdekat kita, Galaksi Andromeda (M31). Foto ini diambil dari Teleskop Hubble NASA yang memiliki kemampuan sangat mumpuni. Meskipun M31 adalah tetangga terdekat Bumi, M31 terletak lebih dari 2 juta tahun cahaya dari planet kita.

Tapi lihat fotonya, kejernihannya luar biasa kan, detikers? Pada malam yang cerah Andromeda dapat terlihat dari Bumi dengan begitu indah. Teleskop Luar Angkasa Hubble sangat kuat sehingga mampu menangkap gambar yang sangat jelas, bahkan mengidentifikasi bintang-bintang secara satu per satu. Jadi, bayangkan memotret pantai dan mencoba mengambil butiran pasir satu per satu.

Perbesar sedikit lebih dekat pada wilayah terang di langit, detikers bisa melihat betapa luasnya M31. Keberadaan foto ini sangat berharga mengingat ilmuwan-ilmuwan sangat menaruh minat dan spekulasi sejak zaman kuno pada galaksi tersebut, sebagaimana dikutip dari Earth Porm.

Jika kamu penasaran, NASA menyiarkan dalam kanal YouTube-nya soal tangkapan foto terjernih yang pernah ada ini. Rekaman tersebut terdiri dari 7.398 eksposur yang diambil dari 411 titik, menempuh perjalanan lebih dari 40.000 tahun cahaya melalui 100 juta bintang.

Bersiaplah untuk terkagum melihat keindahannya:

[Gambas:Youtube]





Simak Video "Baju Astronaut Belum Jadi, Misi NASA ke Bulan Terancam Ditunda"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/ask)