Kebakaran Italia Berkobar, Suhu Nyaris 50 Derajat Celcius

Kebakaran Italia Berkobar, Suhu Nyaris 50 Derajat Celcius

Rachmatunnisa - detikInet
Sabtu, 14 Agu 2021 11:30 WIB
Sejumlah negara di Eropa tengah dilanda kebakaran hutan. Selain Yunani, Italia juga tengah berjibaku padamkan kebakaran hutan di wilayahnya.
Ilustrasi kebakaran Italia. Foto: AP Photo/Salvatore Cavalli
Jakarta -

Kebakaran di Italia berkobar setelah stasiun pemantauan suhu di Sisilia melaporkan suhu 48,8 Celcius. Para ilmuwan meyakini suhu yang nyaris mencapai 50 derajat Celcius ini kemungkinan menjadi yang tertinggi dalam sejarah Eropa.

Dikutip dari Reuters, rekor suhu yang masih perlu diverifikasi oleh Organisasi Meteorologi Dunia WMO, dilaporkan dekat dengan kota Syracuse, di tenggara pulau Sisilia.

"Jika divalidasi, data ini bisa menjadi rekor tertinggi yang pernah tercatat di Eropa, mengalahkan rekor sebelumnya 48 derajat yang diukur di Athena pada 10 Juli 1977," tulis ahli meteorologi Manuel Mazzoleni di 3Bmeteo.com.

Petugas pemadam kebakaran mengatakan, bahwa mereka telah melakukan lebih dari 500 operasi pemadaman api dari atas di Sisilia dan Calabria dalam 12 jam terakhir menggunakan lima pesawat. Menurut mereka, situasi sekarang "terkendali" di pulau itu.

Media lokal melaporkan bahwa pohon dan tanah terbakar di pegunungan Madonie sekitar 100 km dari ibukota Sisilia, Palermo dan di kota kecil Linguaglossa, di lereng gunung berapi Etna.

"Kota kecil kami benar-benar diserang api. Ini adalah malapetaka. Kami hidup melalui saat-saat yang sangat menyedihkan," kata Giovanna Licitra, dari desa Giarratana di selatan pulau yang dilanda kebakaran.

Kerusakan serius juga telah dilaporkan di Calabria, ujung Italia, di mana beberapa keluarga meninggalkan rumah mereka dan seorang pria meninggal pada hari Rabu waktu setempat.

Suhu diperkirakan akan meningkat di beberapa kota Italia termasuk ibu kota Roma pada hari Jumat (13/8), ketika gelombang panas bisa mencapai puncaknya.



Simak Video "Gedung 13 Lantai di Taiwan Terbakar, 14 Orang Tewas"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)