Aksi Keren Astronaut Ikut Olimpiade di Luar Angkasa

Aksi Keren Astronaut Ikut Olimpiade di Luar Angkasa

Virgina Maulita Putri - detikInet
Selasa, 10 Agu 2021 13:33 WIB
Astronaut di ISS bikin Olimpiade luar angkasa
Melihat Aksi Astronaut Ikut Olimpiade di Luar Angkasa (Foto: Screenshot/Twitter Thomas Pesquet)
Jakarta -

Demam Olimpiade Tokyo 2020 tidak hanya dirasakan di Bumi, tapi juga sampai luar angkasa. Meramaikan event olahraga empat tahunan ini, astronaut yang tinggal di International Space Station (ISS) ikut mengadakan 'Olimpiade luar angkasa'.

Astronaut asal Prancis Thomas Pesquet mengunggah empat video ke Twitter yang menunjukkan beberapa astronaut ISS berlomba di beberapa 'cabang olahraga'. Karena bertempat di ISS, 'olahraga' yang dipertandingkan menyesuaikan dengan area yang terbatas dan kondisi gravitasi nol.

Saat ini ISS dihuni oleh tujuh astronaut yang berasal dari empat negara. Mereka adalah astronaut NASA Megan McArthur, Mark Vande Hei, Shane Kimbrough; astronaut Jepang Akihiko Hoshide; astronaut Prancis Thomas Pesquet; dan kosmonaut Rusia Oleg Novitsky dan Pyotr Dubrov.

Meski hanya ada perwakilan dari empat negara, para astronaut di ISS terlihat menggantungkan bendera-bendera kecil yang mewakili negara peserta Olimpiade Tokyo 2020.

Video pertama yang dipamerkan oleh Pesquet adalah senam 'lack-of-floor'. Para astronaut yang berpartisipasi pun memamerkan semua gerakan akrobatik andalannya, yang tentu saja lebih mudah dilakukan berkat gravitasi nol.

Selanjutnya ada olahraga 'no-handball'. Empat astronaut yang dibagi ke dalam dua tim harus memasukkan bola ke lubang palka di balik lawan tanpa sentuhan apapun, kecuali hembusan napas.


Selanjutnya adalah olahraga yang paling menggemaskan yaitu 'synchronized space swimming' alias renang indah di luar angkasa. Ketujuh astronaut bahkan menyiapkan koreografi khusus agar gerakannya terlihat kompak.

"Renang indah luar angkasa - sebuah kesempatan untuk menunjukkan kerjasama dan hubungan awak yang erat," kata Pesquet dalam cuitannya, seperti dikutip dari The Verge, Selasa (10/8/2021).



Terakhir ada olahraga 'weightless sharpshooting' yang mirip seperti olahraga memanah. Tapi anak panahnya digantikan oleh karet gelang dan targetnya pun jauh lebih kecil.

Tidak berhenti sampai di situ, para astronaut di ISS juga mengadakan upacara penutupan pada hari Minggu (8/8), beberapa jam sebelum upacara penutup Olimpiade 2020 digelar di Tokyo.

Dalam upacara penutupan di luar angkasa, astronaut Jepang Akihiko Hoshide menyerahkan bendera Olimpiade kepada astronaut Prancis Thomas Pesquet, yang melambangkan serah terima untuk Olimpiade 2024 yang akan diadakan di Paris.



Simak Video "Yang Bisa Dinantikan di Upacara Penutupan Olimpiade Tokyo 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)