Penyakit yang Pernah Menjadi Wabah dan Pandemi, Selain COVID-19

Penyakit yang Pernah Menjadi Wabah dan Pandemi, Selain COVID-19

Rachmatunnisa - detikInet
Kamis, 29 Jul 2021 21:30 WIB
Ilustrasi masker, pandemi covid-19, ilustrasi vaksin, ilustrasi pasien covid-19
Penyakit yang Pernah Menjadi Wabah dan Pandemi, Selain COVID-19. Foto: AP/Vadim Ghirda
Jakarta -

Seluruh negara di dunia saat ini sedang berjuang melawan pandemi COVID-19. Sepanjang sejarah, manusia di Bum sudah mengalami berbagai wabah bahkan pandemi penyakit.

Selain COVID-19, Bumi kita pernah dilanda wabah penyakit lain. Berikut ini adalah penyakit-penyakit yang pernah melanda dan menjadi wabah di Bumi, dikutip dari situs Litbang Kementerian Kesehatan.

1. Pes

Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Yersinia pestis yang dibawa oleh kutu yang tinggal di tubuh tikus. Orang terinfeksi penyakit pes melalui gigitan kutu tikus atau gigitan tikus yang sudah terinfeksi. Penyakit Pes ini terbagi menjadi 3 jenis berdasarkan bagian tubuh yang terinfeksi. Penyakit Pes pernah menjadi wabah dalam beberapa kurun waktu, yakni:

  • Wabah Pes tahun 541 - 542

Dikenal sebagai wabah Justinian. Wabah ini menyerang Kekaisaran Bizantium dan kota-kota pelabuhan Mediterania. Korban yang tewas akibat penyakit ini mencapai 30-50 juta jiwa atau sekitar 10% dari populasi Konstantinopel.

  • Wabah Pes tahun 1346 - 1353

Wabah ini awal mulanya terjadi di daratan Eropa dan dikenal sebagai Black Death. Wabah ini menyebabkan 25 jiwa meninggal dan menghancurkan tiga benua sekaligus yaitu Asia, Afrika, dan Eropa.

2. Kolera

Wabah Kolera terjadi sekitar tahun 1817 - 1823. Pertama kali berasal dari Jessore, India, wabah Kolera menyebar dari sungai Gangga hingga ke Asia, Eropa, Afrika, dan Amerika Utara.

Seorang dokter di Inggris bernama John Snow berhasil melacak penyebab wabah ini berasal dari air yang tercemar dan disebabkan oleh bakteri Vibrio cholerae yang menginfeksi saluran cerna yaitu usus halus.

3. Flu Spanyol

Penyakit ini disebabkan oleh virus H1N1 yang biasanya menyerang burung. Faktanya, penyakit ini tidak berasal dari negara Spanyol, namun pemberitaannya berasal dari situ, sehingga sampai sekarang disebut sebagai Flu Spanyol.

Penyakit ini terjadi tahun 1918 - 1920 saat berlangsung Perang Dunia I sehingga memperparah situasi pandemi. Sekitar 500 juta orang menjadi korban Flu Spanyol dan sekitar seperlima dari total tersebut meninggal dunia.

4. Flu Asia

Flu Asia berasal dari wabah pandemi influenza A subtipe H2N2. Awalnya, penyebaran ini bermula di China pada 1956 - 1958. Wabah ini menyebar dari provinsi Guizhou, China ke Singapura, Hong Kong, dan Amerika Serikat. Flu Asia tercatat menyebabkan kematian sebanyak 2 juta jiwa.

5. Flu Hong Kong

Menginfeksi pertama kali di Hong Kong pada tahun 1968 dan berlangsung sampai tahun 1970. Penyebabnya adalah virus influenza A tipe H3N2. Kasus Flu Hong Kong pertama kali dilaporkan pada 13 Juli 1968.

Hanya butuh waktu tiga bulan bagi virus ini menyebar dan menyerang penduduk Singapura, Vietnam, Filipina, India, Australia, Eropa, hingga Amerika Serikat. Total kematian kasus Flu Hong Kong tercatat 1 juta jiwa.

Selanjutnya: HIV/AIDS, Flu Burung, SARS, Flu Babi, Ebola