Proyek Ambisius Berburu Bukti Teknologi Ciptaan Alien

Proyek Ambisius Berburu Bukti Teknologi Ciptaan Alien

Virgina Maulita Putri - detikInet
Rabu, 28 Jul 2021 11:40 WIB
Oumuamua (European Southern Observatory/ESP/M Kornmessera)
Tim Astronom Ingin Cari Bukti Teknologi Ciptaan Alien Foto: European Southern Observatory/ESP/M Kornmesser
Jakarta -

Tim astronom internasional mendirikan proyek baru untuk mencari bukti teknologi yang diciptakan oleh peradaban alien. Proyek ini dipimpin oleh Avi Loeb, astronom Harvard University yang dikenal kontroversial.

Loeb mendirikan proyek ambisius ini bersama Frank Laukien, chairman, presiden dan CEO Bruker Corp., perusahaan yang mengembangkan dan memproduksi peralatan sains. Tujuan utama proyek ini adalah mencari dan menyelidiki bukti peradaban teknologi luar angkasa atau extraterrestrial technological civilizations (ETC).

"Sains seharusnya tidak menolak penjelasan extraterrestrial yang potensial karena stigma sosial atau preferensi budaya yang tidak kondusif bagi metode ilmiah dari penyelidikan empiris yang tidak memihak," kata Loeb dalam keterangan resminya, seperti dikutip dari Live Science, Selasa (27/7/2021).

"Kita sekarang harus 'berani melihat melalui teleskop baru,' baik secara harfiah dan secara kiasan," sambungnya.

Proyek ini akan mengumpulkan data dari survei astronomi dan observasi teleskop. Data ini kemudian dianalisa menggunakan algoritma dan kecerdasan buatan (AI) untuk mengidentifikasi mana yang merupakan penampakan alien dan teknologinya.

Selain itu, proyek ini juga akan mendirikan belasan teleskop yang akan disebar di seluruh dunia. Tim ini juga akan mengembangkan software untuk menganalisis data yang dikumpulkan oleh Observatorium Vera Rubin yang akan aktif pada tahun 2023.

Saat ini The Galileo Project sudah mendapatkan donasi sebesar USD 1,755 juta. Dana ini akan digunakan tidak hanya untuk mencari kehidupan alien, tapi juga bukti peradaban yang ditinggalkan lewat teknologi mereka, atau yang biasa disebut sebagai technosignatures.

Salah satu objek asing yang pernah mengunjungi tata surya kita adalah Oumuamua. Loeb pernah mengatakan bahwa Oumuamua -- yang melewati Bumi pada tahun 2017 dan teridentifikasi sebagai komet atau asteroid -- adalah contoh dari teknologi alien.

Bentuk Oumuamua memang tidak seperti komet atau asteroid kebanyakan, karena lebih memanjang mirip seperti cerutu. Loeb merupakan salah satu ilmuwan yang menganggap objek ini merupakan peralatan yang diciptakan oleh alien untuk mengunjungi dunia lain.

Salah satu tujuan The Galileo Project adalah menemukan objek asing seperti Oumuamua. Mereka juga akan fokus mencari satelit ETC yang mungkin mengawasi Bumi dan menganalisis penampakan UFO.



Simak Video "Ilmuwan Perkirakan Alien Bisa Temukan Bumi"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fyk)