Robot Canggih Ikut Main Basket di Olimpiade Tokyo 2020

Robot Canggih Ikut Main Basket di Olimpiade Tokyo 2020

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 26 Jul 2021 17:20 WIB
Robot bernama CUE berhasil mengalahkan pemain basket profesional di adu lemparan bebas.
Robot Canggih Ikut Main Basket di Olimpiade Tokyo 2020 Foto: Reuters
Jakarta -

Sebuah robot ikut menunjukkan keahlian bermain bola basket di Olimpiade Tokyo 2020. Robot tersebut tampil di sela-sela babak penyisihan bola basket putra antara Amerika Serikat dan Prancis di Saitama Super Arena, Saitama, Jepang pada Minggu (25/7).

Robot bernama CUE tersebut memamerkan kebolehannya melempar three pointer, lemparan bebas bahkan melempar bola dari tengah lapangan yang semuanya berhasil dieksekusi dengan mulus.

CUE merupakan robot canggih buatan Toyota yang dikembangkan mulai tahun 2018. Robot ini dirancang agar memiliki perawakan layaknya atlet bola basket profesional, dengan tinggi lebih dari 2 meter, seperti dikutip dari Tech Times, Senin (26/7/2021).

CUE mengandalkan deretan sensor di tubuhnya untuk memetakan lemparannya, yang bergantung pada jaraknya dengan keranjang. Robot berwarna hitam ini kemudian menyesuaikan posisi tangannya sebelum melontarkan lemparannya yang sempurna.




Perancang CUE rupanya cukup bangga dengan kecanggihan robot ciptaannya. Mereka bahkan mengklaim persentase lemparan CUE bisa menyamai salah satu pemain bola basket terbaik di dunia Stephen Curry.

Sebelum Olimpiade Tokyo 2020 digelar, kemampuan CUE juga diadu dengan dua pemain profesional dari tim Alvark Tokyo. Hasilnya CUE berhasil mengalahkan dua atlet tersebut dengan mudah.

Meski jago melempar bola basket dengan akurasi tinggi, CUE tetap tidak bisa mengalahkan atlet bola basket dalam pertandingan sebenarnya. Misalnya, meski telah dilengkapi roda untuk bergerak di lapangan, gerakan CUE terbilang cukup lambat jika dibandingkan atlet profesional.

Selain itu, robot ini juga memakan waktu cukup lama untuk mempersiapkan lemparannya yaitu 15 detik. Dengan waktu selama itu, pemain lain cukup melompat tinggi untuk memblok lemparannya.



Simak Video "Yang Bisa Dinantikan di Upacara Penutupan Olimpiade Tokyo 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/vmp)