Jeff Bezos Sudah Lepas Landas ke Luar Angkasa

Jeff Bezos Sudah Lepas Landas ke Luar Angkasa

Fino Yurio Kristo - detikInet
Selasa, 20 Jul 2021 20:12 WIB
New Shepard Blue Origin
Roket New Shepard melesatkan Jeff Bezos ke antariksa. Foto: Blue Origin
Jakarta -

Jeff Bezos dan tiga orang lainnya yang tergabung dalam misi First Human Flight Blue Origin telah lepas landas sesuai jadwal. Api roket New Shepard telah menyala, menerbangkan keempat penumpang itu dari landasan fasilitas Blue Origin di Van Horn, Texas.

Dengan demikian jika tidak ada aral melintang, New Shepard akan segera sampai di luar angkasa. Jeff Bezos, ditemani saudaranya Mark, pionir penerbangan Wally Funk, dan calon mahasiswa fisika Oliver Daemen pun akan mengalami gravitasi nol sekaligus melihat pemandangan menakjubkan Bumi dari atas.

Roket New Shepard yang ditumpangi Bezos dkk meluncur dengan kecepatan hingga 3.500 km/jam. Setelah itu, kapsul yang berada di bagian atas memisahkan diri dari roket dan mencapai garis Karman yang berada di ketinggian 100 km.

Di sanalah keempat penumpang akan sekitar 3 sampai 4 menit menikmati indahnya antariksa. Kemudian kapsul tersebut akan kembali ke Bumi dan mendarat di gurun dengan bantuan parasut besar. Sedangkan roketnya sudah lebih dulu kembali.

Bezos terbang sembilan hari setelah Richard Branson mengangkasa menggunakan pesawat roket Virgin Galactic. Sempat dikira bersaing untuk menjadi miliarder pertama yang terbang ke antariksa, Bezos mengaku tidak ada persaingan di antara keduanya.

"Ada satu orang yang merupakan orang pertama di luar angkasa. Namanya Yuri Gagarin. Dan itu sudah lama terjadi," kata Bezos dalam program NBC Today, merujuk pada kosmonaut Soviet yang terbang ke luar angkasa pada tahun 1961.

"Saya pikir saya akan menjadi nomor 570 atau sekitarnya. Di situlah kami akan berada di daftar ini. Jadi ini bukan kompetisi. Ini tentang membangun jalur ke luar angkasa agar generasi masa depan bisa melakukan hal-hal luar biasa di luar angkasa," sambung Jeff Bezos.



Simak Video "Serba-serbi Teknologi di Balik 'Tamasya Luar Angkasa' Bezos dan Branson"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/vmp)