Dibuang ke Danau, Ikan Mas Jadi Raksasa dan Berbahaya

Dibuang ke Danau, Ikan Mas Jadi Raksasa dan Berbahaya

Fino Yurio Kristo - detikInet
Jumat, 16 Jul 2021 05:45 WIB
Ikan Mas Raksasa
Salah satu ikan mas raksasa yang tertangkap. Foto: City of Burnsville
Minnesota -

Ikan mas hias tampak menarik untuk dipelihara di rumah. Akan tetapi ternyata jika dibuang atau dibebaskan ke danau atau sungai, ikan mas ini bisa tumbuh sangat besar dan menjadi persoalan berbahaya bagi lingkungan.

Kasus ini terjadi di Burnsville, Minnesota, Amerika Serikat, tepatnya di Danau Keller. Otoritas di sana menyatakan beberapa ikan mas raksasa ditemukan di danau tersebut. Disebut raksasa karena tidak seperti saat dipelihara di akuarium atau semacamnya, ikan mas ini dapat tumbuh sampai 38 centimeter.

Padahal ikan mas yang dipelihara di akuarium rumah biasanya tumbuh hanya hingga sekitar 5,1 cm. Diduga ikan mas itu dibuang sembarangan oleh warga yang awalnya memeliharanya.

Pemerintah kota setempat pun memperingatkan penduduk jangan melakukan perbuatan itu karena ikan mas dapat turut menyebabkan penurunan kualitas air dengan mengacak-acak sedimen dan mencabut tanaman. Dengan kata lain, ikan mas raksasa ini dianggap sebagai hama.

"Please jangan lepaskan ikan mas peliharaan ke kolam atau danau. Mereka tumbuh lebih besar dari yang Anda pikir dan berkontribusi pada kualitas buruk air," sebut mereka di Twitter, lengkap dengan foto ikan mas ukuran jumbo

Puluhan ekor ikan mas raksasa ini telah ditangkap. Saat ini, sedang coba dihitung seberapa banyak ikan mas yang berada di danau tersebut. "Kami mendapatkan laporan dari warga tentang beberapa kelompok ikan mas besar. Sebagian melihatnya dari kapal," Caleb Ashling, pakar lingkungan kota itu.

"Mengejutkan bahwa ikan ini bisa tumbuh sedemikian besar. Mereka tidak seperti yang biasa Anda lihat di toko hewan," tambahnya seperti dikutip detikINET dari CNN, Jumat (16/7/2021).

Semakin banyak populasi ikan mas di danau, dikhawatirkan tanaman air semakin tidak berkembang dan berdampak juga pada spesies asli. Misalnya, spesies asli itu jadi kelaparan karena serbuan ikan mas.

Di satu sisi ikan mas memang menarik sebagai peliharaan, tapi dianggap buruk bagi alam sekitar jika dilepas. "Seluruh ikan mas pada dasarnya adalah spesies invasif di seluruh dunia. Di seluruh Amerika Utara, Australia, sebagian Eropa, mereka sungguh menyebar luas," cetus Przemek Bajer, akademisi University of Minnesota.



Simak Video "Memberi Makan Ikan Mas di Kolam Kampung Sampireun Garut"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)