Ini Rahasia Negara-negara yang Kini Bebas Corona

Ini Rahasia Negara-negara yang Kini Bebas Corona

Aisyah Kamaliah - detikInet
Kamis, 24 Jun 2021 22:05 WIB
Wabah virus Corona dari China memang cukup membuat warga di seluruh penjuru dunia harus bersiap siaga. Pasalnya, hingga kini ratusan korban jiwa telah menjadi korbannya.
Ada rahasia dari negara-negara yang kini bebas virus corona. Foto: AP Photo
Jakarta -

Viral video seorang pria yang menyatakan pandemi sudah berakhir dan membandingkan Indonesia dengan negara lain. Padahal ada rahasianya mereka bebas COVID-19.

Memang melihat negara-negara di belahan dunia lain yang sudah bebas dari corona hingga tidak diwajibkan bermasker membuat sebagian besar orang iri. Tapi jangan lihat dari sekadar bebas COVID-19 saja, lihat juga upaya yang sudah diterapkan untuk menyingkirkan virus Sars-CoV-2. Ini dia di antaranya:

1. Australia

Autralia berkali-kali melakukan lockdown. Bahkan saat WHO menyatakan COVID-19 sebagai pandemi, dengan sigap pemerintah menutup akses masuk ke Negara Kanguru tersebut. Hanya dibuka toko untuk memenuhi kebutuhan makan, masker juga diwajibkan dengan ketat.

Alhasil, kasus COVID-19 di Australia terbilang bisa dikendalikan dengan baik walaupun penyebaran Sars-CoV-2 di sana juga sempat menelan korban jiwa.

2. China

Negara pertama di mana wabah corona muncul ini bisa dibilang pontang-panting di awal pandemi. Mereka bahkan membangun rumah sakit darurat hanya dalam waktu 10 hari untuk merawat pasien corona yang bertumbangan. Masker dipakai terus menerus.

Kini, China sudah 'bebas' corona. Bahkan di Wuhan -- tempat corona pertama kali ditemukan -- sudah menggelar festival musik.

3. Selandia Baru

Selandia Baru termasuk yang ketat di awal untuk mengatasi COVID-19. Mereka melakukan lockdown dan peraturan ketat pada wilayah perbatasan sehingga bisa dinyatakan sukses menyikapi pandemi, sebagaimana dilansir CNN.

Untuk masuk ke sana, pendatang harus dinyatakan negatif COVID-19 melalui swab dan menjalani karantina selama 14 hari sebelum bergabung dengan masyarakat.

4. Italia

Sudah termasuk negara yang membebaskan pemakaian masker, Italia awalnya justru kelimpungan. Kasus yang tinggi membuat pemerintah stres.

Tapi mereka belajar dari kesalahan. Dengan cepat, Italia bebenah dengan melakukan lockdown. Pemerintah Italia juga mengikuti panduan dari komite teknis dan ilmiah. Adanya penelitian yang ketat membantu negara mengevaluasi cara terbaik untuk menyingkirkan COVID-19 di Italia.

Dapat disimpulkan, usaha yang dilakukan negara yang sudah minim bahkan bebas kasus corona biasanya melakukan penerapan protokol kesehatan yang ketat seperti memakai masker dan menjaga jarak. Ditambah lagi, ada juga aturan tegas pemerintah salah satunya menutup jalur kedatangan turis ke negara mereka hingga angka kasus benar-benar bisa ditekan.



Simak Video "9 Zona Hijau di Indonesia, Salah Satunya Bebas Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/ask)