Keren! Robot Penjelajah China Pamer Selfie di Mars

Keren! Robot Penjelajah China Pamer Selfie di Mars

Virgina Maulita Putri - detikInet
Sabtu, 12 Jun 2021 10:10 WIB
CNSA memamerkan tiga foto baru yang diambil rover Zhurong di Mars
Robot Penjelajah China Pamer Selfie di Mars Foto: CNSA
Jakarta -

China National Space Administration (CNSA) memamerkan foto terbaru yang diambil oleh rover atau robot penjelajah Zhurong di Mars. Salah satunya ada foto selfie Zhurong dengan wahana pendaratnya.

Foto-foto ini dipamerkan dalam seremoni khusus di Beijing, China untuk merayakan kesuksesan misi penjelajahan Mars pertama yang diluncurkan oleh China.

Foto yang dipamerkan termasuk foto panorama 360 derajat yang memperlihatkan area pendaratan. Foto ini digabungkan dari beberapa foto yang diambil oleh kamera navigasi rover Zhurong setelah mendarat.

Foto lainnya memperlihatkan area pendaratan di Utopia Planitia yang datar, dengan bebatuan yang berserakan, kawah bulat dan beberapa gumuk di kejauhan. Foto ini diambil tidak lama setelah roda Zhurong menyentuh daratan Mars.

CNSA memamerkan tiga foto baru yang diambil rover Zhurong di MarsFoto terbaru yang diambil rover Zhurong di Mars Foto: CNSA

Selanjutnya ada foto selfie menggemaskan yang memperlihatkan Zhurong dengan platform pendaratnya. Foto ini diambil menggunakan kamera wireless yang diletakkan sekitar 10 meter dari posisi Zhurong.

Setelah menempatkan kamera di tanah, Zhurong kembali ke posisinya di samping platform dan mengambil selfie. Foto ini dikirimkan ke rover menggunakan sinyal wireless, untuk kemudian dikirimkan ke Bumi menggunakan wahana pengorbit.

Selain itu, ada juga foto platform pendarat yang diambil menggunakan kamera Zhurong. Dalam foto tersebut terlihat jembatan yang digunakan Zhurong untuk turun ke permukaan Mars, serta bendera China yang menempel di bagian bawah platform.

CNSA memamerkan tiga foto baru yang diambil rover Zhurong di MarsPlatform pendarat rover Zhurong Foto: CNSA

Zhurong merupakan bagian dari misi Tianwen-1 yang terdiri dari wahana pengorbit, pendarat dan penjelajah. Rover beroda enam ini akan menjelajahi Mars selama tiga bulan unruk mencari tanda kehidupan kuno di planet tersebut.

"China akan menerbitkan data ilmiah terkait pada waktu yang sesuai untuk membagikan hasil perkembangan eksplorasi luar angkasa kepada umat manusia," kata kepala CNSA Zhang Kejian seperti dikutip dari Xinhua, Sabtu (12/6/2021).

Misi Tianwen-1 diluncurkan dari China pada 23 Juli 2020. Misi ini tiba di Mars pada bulan Februari 2021, tapi Zhurong baru mendarat di permukaan Planet Merah pada 15 Mei 2021.

Sampai saat ini, Zhurong sudah aktif di Mars selama 28 hari Mars yang 40 menit lebih lama ketimbang satu hari di Bumi. Rover seberat 240 kg ini akan mengumpulkan banyak data selama di Mars menggunakan enam instrumen ilmiahnya.



Simak Video "Penjelajahan Rover Zhurong Milik China di Area Bebatuan Mars"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/vmp)