SpaceX Bakal Luncurkan Roket dari Laut Mulai Tahun Depan

SpaceX Bakal Luncurkan Roket dari Laut Mulai Tahun Depan

Virgina Maulita Putri - detikInet
Rabu, 02 Jun 2021 19:21 WIB
SpaceX Starship
SpaceX Bakal Luncurkan Roket dari Laut Mulai Tahun Depan (Foto: dok SpaceX)
Jakarta -

SpaceX saat ini sedang membangun pelabuhan apung yang akan menjadi landasan peluncuran roket Starship. Pelabuhan apung ini diharapkan akan mulai beroperasi pada tahun 2022.

Progres pembangunan pelabuhan apung ini disampaikan langsung oleh CEO SpaceX Elon Musk lewat Twitter. "Pelabuhan apung Deimos sedang dibangun untuk peluncuran tahun depan," kata Musk dalam cuitannya, seperti dikutip dari TechCrunch, Rabu (2/6/2021).

Untuk membangun pelabuhan apung ini SpaceX membeli dua kilang minyak bekas pada awal tahun 2021. Dua pelabuhan ini dinamai Phobos dan Deimos, mengikuti nama bulan yang dimiliki Mars.

Pelabuhan ini akan menjadi pusat peluncuran dan pendaratan roket Starship yang dikombinasikan dengan booster Super Heavy. Nama yang digunakan pun sesuai dengan tujuannya karena landasan ini akan menjadi tempat peluncuran roket Starship menuju Mars.




Sejauh ini, SpaceX melakukan uji terbang roket Starship di fasilitasnya di Boca Chica, Texas. Nantinya jika pelabuhan apung Phobos dan Deimos sudah jadi, roket Starship akan terbang langsung dari Boca Chica ke landasan.

Pada awal tahun ini, Musk mengatakan SpaceX akan mulai meluncurkan roket dari laut lepas pada akhir 2021. Tapi timeline baru ini mengindikasikan estimasi tersebut harus diundur.

Selain untuk meluncurkan misi ke Mars dan Bulan, Musk dan SpaceX juga berencana membangun pelabuhan apung seperti Phobos dan Deimos di dekat kota-kota besar di seluruh dunia.

Dengan jaringan pelabuhan ini, SpaceX bisa mengoperasikan penerbangan hipersonik dari satu titik ke titik lain di Bumi, misalnya dari Beijing ke New York, menggunakan roket Starship yang hanya memakan waktu sebesar 30 menit.

Tapi saat ini SpaceX masih fokus untuk menerbangkan roket Starship ke orbit. Sejauh ini, roket Starship baru berhasil mencapai ketinggian 10 km dalam uji terbangnya dan berhasil mendarat mulus di landasan.



Simak Video "Potret Kedekatan Jennie BLACKPINK dan Pacar Elon Musk"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)