Ini Kata Lapan Soal Viral Meteor Jatuh di Merapi

Ini Kata Lapan Soal Viral Meteor Jatuh di Merapi

Agus Tri Haryanto - detikInet
Sabtu, 29 Mei 2021 11:36 WIB
Media sosial Twitter dihebohkan dengan beredarnya foto kilatan cahaya yang disebut meteor jatuh di puncak Gunung Merapi. Seperti apa penampakannya?
Foto: Istimewa/Gunarto Song
Jakarta -

Media sosial (medsos) dihebohkan dengan beredarnya foto yang disebut sebuah meteor jatuh di puncak Gunung Merapi. Bagaimana tanggapan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan).

Kepala Lapan Thomas Djamaluddin mengatakan bahwa pihaknya tidak melakukan pengamatan meteor sporadik, hanya menganalisa laporan warga.

Adapun terkait dugaan jatuhnya meteor di puncak Gunung Merapi, sampai saat ini, Lapan belum menerima laporan dari warga.

"Perlu ada laporan dari lokasi lain untuk konfirmasi. Saat ini, rekayasa foto sering terjadi. Jadi, sementara saya tidak berkomentar atas kesaksian tunggal," ujar Thomas.

Sementara itu, Peneliti Lapan Rhorom Priyatikanto berdasarkan pengamatan dari foto tersebut, ia cukup menyakini itu adalah meteor atau fireball (meteor terang).

Namun, menurutnya benda luar angkasa itu kemungkinan tidak jatuh di puncak, tapi di sekitar Gunung Merapi.

"Belum tentu di puncaknya karena untuk pastikan lokasi jatuh, perlu pengamatan dari beberapa lokasi secara simultan," jelasnya.

Media sosial Twitter dihebohkan dengan beredarnya foto kilatan cahaya yang disebut meteor jatuh di puncak Gunung Merapi. Ternyata CCTV yang dipasang BPPTKG untuk pengamatan aktivitas di puncak Gunung Merapi, juga merekam kilatan cahaya.

Foto viral meteor jatuh di Puncak Gunung MerapiFoto viral meteor jatuh di Puncak Gunung Merapi Foto: Tangkapan layar Twitter @merapi_undercover

Foto tersebut beredar di salah satu akun Twitter @merapi_undercover pada Jumat (28/5).

"Meteor Jatuh di Puncak Gunung Merapi, Kali Adem, Cangkringan, Yogyakarta(27 Mei 2021)
📸: Gunarto_song," tulis akun @merapi_uncover, Jumat (28/5/2021).

Foto yang viral itu diambil oleh Gunarto (pemilik akun @Gunarto_song). Saat dimintai konfirmasi, Gunarto menceritakan awal mula menjepret foto tersebut.

"Foto diambil dari lokasi Batu Alien di daerah Kaliadem, Cangkringan pada Kamis (27/5) malam. Kalau dari file kamera itu pukul 23.07 WIB," kata Gunarto saat dihubungi wartawan, Jumat (28/5).

Gunarto menceritakan saat mengambil gambar itu, ia benar-benar melihat kilatan cahaya putih yang jatuh ke puncak Gunung Merapi. Gunarto menyebut durasi jatuhnya cahaya itu begitu cepat.

"Yang pasti kalau ngomong itu foto saya bener-bener melihat ada cahaya putih dan cukup terang dia jatuh dari atas ke pokoknya saya tahunya dia itu cuma satu dua detik ya, cepat sekali, jatuh dari atas ke bawah. Saya lihat bawahnya itu pas di puncak gitu," tuturnya.



Simak Video "Meteor Besar Jatuh di Norwegia Terekam CCTV"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/agt)