Viral di Facebook, Ikan Monster Ditemukan di California

Viral di Facebook, Ikan Monster Ditemukan di California

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Jumat, 14 Mei 2021 05:35 WIB
Ikan Monster di California dari jenis Pacific Footballfish, keluarga anglerfish yaitu ikan laut dalam.
Ikan seperti monster yang ditemukan di California (Ben Estes/Facebook)
Jakarta -

Sebuah postingan Facebook dari operator wisata memancing jadi viral. Isinya adalah penemuan ikan monster di California, Amerika Serikat.

Yang viral adalah postingan Davey's Locker Sportfishing & Whale Watching, sebuah operator wisata bahari di Crystal Cove, California, AS. Seperti dilihat detikINET, Jumat (14/5/2021) postingan pada 9 Maret 2021 ini mendapatkan 54 ribu like, 40 ribu komentar dan 184 ribu share.

Mereka mengatakan petugas ranger Taman Nasional Crystal Cove mendapatkan laporan dari pengunjung bernama Ben Estes. Dia melihat ada ikan monster yang aneh, terdampar di pantai.

Warnanya hitam, giginya tajam dan mengerikan, ada antena panjang bercabang-cabang di kepalanya. Ikan apakah ini?

Rupanya ikan aneh ini adalah Pacific Footballfish. Ini adalah satu jenis dari 300 spesies keluarga anglerfish, jenis ikan laut dalam dari kedalaman 1.000 meter di bawah permukaan laut.

Ini bukan ikan langka, namun adalah peristiwa langka melihat ikan ini terdampar di pantai. Ikan yang ditemukan ini panjangnya 45 cm. Namun di habitat aslinya, ia bisa tumbuh sampai 1,2 meter.

Ikan ini punya antena panjang bercabang-cabang di kepalanya. Itu adalah illicium, lampu alami. Antena ini memanjang sampai ke depan mulut ikan dan memiliki bulatan-bulatan di ujung antenanya yang bisa menyala karena mengandung fosforescens.

Lampu alami ini adalah jebakan untuk menarik mangsa mendekatinya. Setelah itu, happ! Mangsa itu dilahap tanpa ampun.

Belum diketahui kenapa ikan ini sampai terdampar di pantai. Untuk sementara ikan ini diamankan oleh Departemen Perikanan dan Alam Liar California. Ada kemungkinan ikan aneh ini akan diawetkan untuk ditaruh di museum atau di lembaga penelitian.



Simak Video "Kambing Pemakan Beling, Magetan"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fyk)