Mudik Dilarang, Pergi ke Luar Angkasa Saja Yuk!

Mudik Dilarang, Pergi ke Luar Angkasa Saja Yuk!

Agus Tri Haryanto - detikInet
Kamis, 06 Mei 2021 15:44 WIB
Blue Origin
Foto: Reuters
Jakarta -

Wisata luar angkasa semakin dekat dan nyata. Setelah Blue Origin mengumumkan pendaftaran pembelian tiket perjalanan tersebut, perusahaan besutan Jeff Bezos itu kali ini mengumumkan jadwal peluncurannya.

Untuk membawa manusia menikmati pemandangan luar angkasa, Blue Origin akan menggunakan roket andalannya New Shepard. Roket tersebut sudah diuji 14 kali penerbangan sejak 2015 hingga akhirnya dinyatakan layak terbang.

Blue Origin menetapkan tanggal 20 Juli debut wisata luar angkasa. Menariknya, 20 Juli merupakan hari bersejarah, di mana di hari itu pada 52 tahun lalu, misi Apollo 11 yang dijalani Neil Armstrong dan Buzz Aldrin mendarat di Bulan.

Ada satu kursi yang diperbutkan menikmati wisata luar angkasa, hanya saja orang yang mengisi kursi itu belum diketahui. Sebab, Blue Origin akan melakukan lelang tiket ini yang dibagi ke dalam tiga tahap.

Tahap pertama antara tanggal 5-19 Mei ini, yang berminat bisa menawarkan harga berapa pun yang mereka nilai sesuai untuk menebus satu tiket wisata luar angkasa. Di tahap ini, Blue Origin memastikan penawaran harga tidak terbuka, artinya yang tahu hanya dari pihak internal saja.

Setelah mendapatkan tawaran tertinggi, perusahaan akan mengumumkannya pada 19 Mei 2021. Kemudian pada 12 Juni 2021, penawaran akan diakhiri dengan lelang online langsung untuk memilih turis pertama wisata luar angkasa.

Dikutip dari Digital Trends, Kamis (6/5/2021) perjalanan menuju sub-orbital itu akan ditempuh sekitar 10 menit. Tenang, penumpang di dalam New Shepard tidak satu orang, Blue Origin mengatakan ada enam awak di dalam roket.

Saat sudah mencapai sub-orbital, roket New Shepard akan terpisah meninggalkan kapsul yang dilengkapi dengan jendela besar menyuguhkan pemandangan antariksa yang megah dengan lengkungan Bumi bulatnya. Bahkan, awak New Shepard bisa merasakan pengalaman mengapung di ruang hampa.

Wisata luar angkasa semakin dekat. Blue Origin akan menerbangkan misi bersejarah itu pada 20 Juli mendatang.Wisata luar angkasa semakin dekat. Blue Origin akan menerbangkan misi bersejarah itu pada 20 Juli mendatang. Foto: Blue Origin

Di saat bersamaan, roket yang terpisah tadi kembali ke Bumi. Dan, nantinya kapsul wisata luar angkasa akan kembali ke daratan juga.

Blue Origin bukan satu-satunya perusahaan yang mulai menawarkan tiket wisata ke luar angkasa. Virgin Galactic, perusahaan milik entrepreneur asal Inggris Richard Branson, adalah nama besar lainnya di dunia wisata antariksa yang menjadi penantang utama Blue Origin.

Hingga saat ini, Virgin Galactic sudah menjual tiket untuk 600 penumpang dengan harga antara USD 200.000 dan USD 250.000. Sebelumnya, Bezos pernah mengatakan harga tiket wisata Blue Origin tidak akan berbeda jauh dengan pesaingnya



Simak Video "Detik-detik Uji Coba Perdana Virgin Galatic yang Gagal Terbang"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)