Kentut di Luar Angkasa Bisa Jadi Ledakan

Kentut di Luar Angkasa Bisa Jadi Ledakan

Agus Tri Haryanto - detikInet
Rabu, 05 Mei 2021 04:23 WIB
IN SPACE - FEBRUARY 28:  In this handout image provided by NASA, NASA astronaut Alvin Drew waves as he participates in the missions first session of extravehicular activity (EVA) as construction and maintenance continue on the International Space Station February 28, 2011 in Space. During the six-hour, 34-minute spacewalk, Steve Bowen and Drew installed the J612 power extension cable, move a failed ammonia pump module to the External Stowage Platform 2 on the Quest Airlock for return to Earth at a later date, installed a camera wedge on the right hand truss segment, installed extensions to the mobile transporter rail and exposed the Japanese
Foto: GettyImages
Jakarta -

Bersyukurlah manusia yang masih tinggal di Bumi dengan diberi kenikmatan berupa buang angin alias kentut tanpa rasa khawatir. Sebab, kalau kentut di luar angkasa biasa menyebabkan ledakan hebat.

Buang angin adalah hal lumrah dilakukan sebagai reaksi alami yang terjadi di tubuh manusia, dan itu hal baik. Justru apabila tidak mengalami ketut, akan menimbulkan rasa tidak nyaman atau sakit di perut.

Bagi astronaut yang bertugas di luar angkasa dalam jangka waktu berbulan-bulan, aktivitas kentut yang tadinya normal dilakukan menjadi tantangan tersendiri.

Kondisi luar angkasa yang hampa udara mengakibatkan gas yang ditimbulkan dari kentut itu tidak langsung hilang seperti halnya terjadi di Bumi. Kentut yang mengandung berbagai gas, mulai dari hidrogen hingga metana itu akan tetap di sana dan tidak bergerak.

Gas yang tidak bergerak tersebut bisa dengan mudah terbakar. Tentunya, itu terjadi kecelakaan yang fatal.

Astronaut yang kesehariannya melakukan kegiatan di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) misalnya, dengan aliran udara yang sedikit berpotensi terjadi ledakan apabila penanganan kentut di luar angkasa tidak diantisipasi.

"Kentut terasa seperti nangkring. Tidak ada aliran udara sebanyak di Bumi. Anda harus mengalirkan udara untuk menghilangkannya," ujar astronaut Mike Massimo dikutip dari Mashable, Rabu (5/5/2021).

Astronaut Wanita SpacewalkAstronaut Wanita Spacewalk Foto: Reuters

Untuk mengatasi hal yang tidak diinginkan, astronaut sudah dilatih sebelumnya. Saat para penjelajah antariksa ini merasakan ada sesuatu yang aneh di perut mereka, lalu bisa memperkirakan kentut akan datang, mereka harus bergegas ke toilet.

Massimino mengatakan astronaut bisa melepaskan kentut itu di sana, sehingga ketut dari muncul tidak 'mengudara' di kabin wahana antariksa mereka.



Simak Video "NASA Kirim Cumi-cumi ke Luar Angkasa, Buat Apa?"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)