Pohon Tertinggi di Dunia Lebih Menjulang dari Patung Liberty

Pohon Tertinggi di Dunia Lebih Menjulang dari Patung Liberty

Rachmatunnisa - detikInet
Senin, 03 Mei 2021 05:36 WIB
pohon tinggi
Ilustrasi hutan Redwood di California Utara, bukan Hyperion. Foto: ZME Science
Jakarta -

Hutan kayu merah di California, Amerika Serikat (AS) memiliki pohon tertinggi di dunia. Tingginya disebut melampaui patung Liberty yang menjadi ikon AS.

Dikutip dari ZME Science, Senin (3/5/2021) pohon tertinggi di dunia yang dimaksud adalah kayu merah Sequoia sempervirens yang disebut Hyperion, menjulang di atas tanah di Redwood National Park, California.

Raksasa ini diidentifikasi pada tahun 2006 dan berukuran tinggi 115,85 meter dengan lebar sekitar 7 m pada dasarnya. Sebagai perbandingan, patung Liberty di New York memiliki tinggi 93 meter.

Bayangkan saja, seberapa menjulang pohon kayu merah ini setara dengan gedung pencakar langit 35 lantai di kota-kota kalian. Kira-kira setinggi itu pohon kayu merah raksasa dapat tumbuh. Dekat di belakang Hyperion adalah pohon kayu merah California lainnya seperti Helios yang punya tinggi 114,1 meter, dan Daedalus 110,8 meter.

Tak lama setelah Hyperion ditemukan, seorang ilmuwan bernama Jim Spickler memanjat pohon raksasa tersebut dan menggambarkan pengalamannya dalam video dokumenter berikut ini.

[Gambas:Youtube]



Menurut peneliti, cara paling andal untuk mengukur tinggi pohon tetap tidak berubah selama berabad-abad, yakni cukup gunakan penggaris berbentuk pita. Tentu saja ukuran penggaris pita yang digunakan untuk mengukur pohon ini juga besar.

Pohon tertinggi dari tiga triliun pohon yang saat ini hidup di dunia masih tumbuh. Hyperion saat ini tumbuh dengan kecepatan 3,9 cm per tahun sejak ditemukan pada tahun 2006. Namun, pada laju ini, jenis pohon kayu merah lain bernama Paradox, yang tumbuh sebesar 18,9 cm per tahun, bisa menyusulnya pada tahun 2031.



Simak Video "Hutan Hujan Amazon Kehilangan 13 Ribu Kilometer Persegi dalam 1 Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/agt)