Tenggelamnya KRI Nanggala-402: Escape Suit, Kondisi Laut, Kapal Selam Berwarna Hitam

Terpopuler Sepekan

Tenggelamnya KRI Nanggala-402: Escape Suit, Kondisi Laut, Kapal Selam Berwarna Hitam

Tim - detikInet
Sabtu, 01 Mei 2021 09:28 WIB
KRI Nanggala-402 dinyatakan tenggelam dan terbelah menjadi 3 di perairan Bali pada kedalaman 838 meter. Yuk lihat lagi aksi-aksi KRI Nanggala-402 sebelum tenggelam.
Foto: Antara Foto
Jakarta -

KRI Nanggala-402 secara resmi dinyatakan tenggelam pada 24 April 2021. Kapal selam TNI AL tersebut terdeteksi berada di kedalaman 850 meter. Sebanyak 53 awak kapal yang bertugas di dalamnya, gugur.

Berikut ini rangkuman mengenai tenggelamnya KRI Nanggala-402 dari sisi teknologi dan sains selama sepekan.

Escape suit yang diduga gagal dipakai awak KRI Nanggala-402

Escape suit MK11 menjadi salah satu barang milik KRI Nanggala-402 yang ditemukan oleh ROV (remote operation vehicle) MV Swift Rescue dari Singapura. Escape suit itu diduga dikeluarkan dari kotak lantaran adanya keadaan darurat.

Nama lengkap escape suit adalah Submarine Escape Immersion Equipment (SEIE). Didesain oleh perusahaan asal Inggris, RFD Beaufort Limited, kostum ini dapat menutup seluruh tubuh dan bisa menjadi semacam rakit.

Escape suit berfungsi untuk menyelamatkan diri andai terjadi insiden di kapal selam. Kostum penyelamat ini dapat melindungi pengguna dari bahaya hypotermia.

KRI Nanggala-402 versi India punya kapsul penyelamat

Tragedi KRI Nanggala-402 jadi perhatian penuh India karena mereka punya kapal selam yang sama. Tapi versi mereka tampaknya lebih aman.

Media The Print India menurunkan laporan mengenai komparasi KRI Nanggala-402 dengan INS Shishumar-S44. Kedua kapal selam ini adalah Howaldtswerke-Deutsche Werft (HDW) Type 209 buatan Kiel, Jerman.

HDW Type 209 dikembangkan perusahaan Thyssenkrupp Marine Systems di zaman Perang Dingin di tahun 1960an, untuk menggantikan kapal selam zaman Perang Dunia II. Kapal selam ini tidak dipakai AL Jerman, tapi laku dijual ke 13 negara antara lain India, Indonesia, Yunani, Brasil, Turki dan Mesir.

India total punya 4 kapal selam. Keempat kapal selam Type 209 milik India memiliki kapsul penyelamatan yang bisa dilepas. Kapsul ini berkapasitas 50 orang. Jika terjadi masalah darurat dan harus meninggalkan kapal, kapsul penyelamat ini bisa dipergunakan.

Kondisi laut tempat tenggelamnya KRI Nanggala-402

KRI Nanggala-402 terakhir terdeteksi berada di kedalaman 850 meter. Berdasarkan pembagian kedalamannya, wilayah tempat tenggelamnya KRI Nanggala-402 masuk ke zona twilight atau mesopelagic, yaitu zona kedalaman 200 - 1.000 meter di bawah permukaan laut.

Sangat sedikit cahaya Matahari yang mencapai zona ini sehingga laut terlihat redup. Hewan laut yang hidup di kedalaman ini mulai tampak aneh wujudnya. Beberapa hewan laut yang tinggal di zona ini punya bioluminesensi atau bisa mengeluarkan cahaya.

Berenang dalam air laut di kedalaman 850 meter adalah hal yang tidak mungkin bagi manusia. Saat air masuk ke kapal selam, kurang dari hitungan detik gendang telinga akan pecah, paru-paru akan termampatkan menyebabkan rasa sakit yang luar biasa lalu pecah, diikuti oleh pembuluh darah, dan organ seluruh tubuh ikut hancur.

Alasan kapal selam berwarna hitam

Hampir semua kapal selam yang ada, termasuk KRI Nanggala-402 berwarna hitam. Pemilihan cat warna hitam di permukaan bodi kapal selam ini bukan asal pilih, melainkan bagian dari strategi.

Sebagai salah satu armada perang, kapal selam dirancang sedemikian rupa agar tidak mudah terdeteksi oleh musuh, meskipun berada di bawah laut. Penggunaan warna hitam diyakini dapat berbaur dengan lautan yang diselaminya.

Karena kapal selam dibuat untuk beroperasi di bawah laut dalam waktu yang lama, itulah mengapa sangat penting agar kapal selam tidak terlihat saat menyelami luasnya lautan dan pergerakannya tidak diketahui musuh.



Simak Video "KRI Nanggala 402 Dinyatakan Tenggelam, Netizen Berduka "
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)