Apa Itu Siklon Tropis Seroja dan Alasannya Diberi Nama Bunga - Halaman 2

Apa Itu Siklon Tropis Seroja dan Alasannya Diberi Nama Bunga

Rachmatunnisa - detikInet
Kamis, 08 Apr 2021 17:11 WIB
Siklon Tropis Seroja Dilihat dari Satelit
Apa Itu Siklon Tropis Seroja dan Alasannya Diberi Nama Bunga. Foto: Zoom Earth

Kenapa badai diberi nama bunga

BMKG memang kerap menggunakan nama bunga dan buah-buahan untuk penamaan siklon tropis. Kepala BMKG Dwikorita Karnawati di 2018 pernah mengungkapkan bahwa nama bunga untuk siklon tropis dimaksudkan agar tak menakutkan bagi masyarakat.

"Secara psikologis tidak menakut-nakuti, tapi yang penting kewaspadaan," imbaunya.

Sebelumnya, dasar penamaan siklon tropis yang digunakan otoritas Pusat Peringatan Dini Siklon Tropis Jakarta berdasarkan nama pewayangan. Namun saat menggunakan nama tersebut (Durga di tahun 2008), muncul perbedaan persepsi di masyarakat.

"Kita gunakan nama bunga meskipun awalnya menggunakan nama wayang, Durga. Namun saat menggunakan wayang ada persepsi kurang baik di masyarakat. Ada yang anggap Durga baik, ada yang tidak," ujarnya.

Barulah di 2010, penamaan siklon tropis mulai menggunakan nama bunga. Saat itu, Anggrek jadi nama bunga pertama yang digunakan. Tak hanya nama bunga, Pusat Peringatan Dini Siklon Tropis Jakarta pun telah menyiapkan nama-nama buah sebagai cadangan.

Kepala Sub Bidang Produksi Informasi Iklim dan Kualitas Udara BMKG Siswanto menyebutkan, hal ini sesuai dengan urutan nama siklon tropis dari BMKG secara internasional.

"Penamaan siklon sudah ada list-nya dalam setahun yang diusulkan BMKG apabila tumbuh siklon di wilayah tanggung jawab Pusat Peringatan Dini Siklon Tropis Jakarta," kata Siswanto saat dihubungi Rabu (7/4/2020).

"Ketika ada siklon tropis berikutnya sudah ada namanya. Jadi list nama itu sudah diusulkan BMKG ke komisi World Meteorological Organization (WMO) yang menangani siklon tropis," tambahnya.

siklon tropis seroja

Siswanto menyebutkan, daftar nama ini bisa dilihat di website BMKG maupun WMO. Pada halaman nama siklon, tampil sederet nama bunga dan buah yang terbagi menjadi kolom A dan B. Kolom A merupakan daftar nama yang sudah atau sedang dipakai, sedangkan kolom B berstatus standby alias siap digunakan untuk siklon berikutnya.

siklon tropis seroja

Dikutip dari website WMO pada halaman mengenai penamaan siklon tropis, WMO menjelaskan bahwa praktik penamaan itu dimaksudkan untuk membantu publik lebih mudah mengidentifikasi kehadiran siklon tropis. Dengan demikian, komunikasi dan sosialisasi akan lebih efektif dan mudah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat.

Setiap otoritas Pusat Peringatan Dini Siklon Tropis memiliki ciri khas masing-masing dalam menamai badai di wilayahnya. Misalnya, otoritas di Amerika Serikat dan Inggris menamai badai dengan nama-nama orang secara acak seperti Katrina, Emily, Jake, Katie, Lawrence dan sebagainya. Dan sesuai dengan konvensi yang berlaku di Amerika Serikat, tidak ada nama badai yang diawali dengan huruf Q, U, X, Y, dan Z.

(rns/fay)