Wanita Bicara Dua Kali Lebih Banyak dari Pria, Tahunya Mitos!

Wanita Bicara Dua Kali Lebih Banyak dari Pria, Tahunya Mitos!

Aisyah Kamaliah - detikInet
Senin, 05 Apr 2021 08:45 WIB
Ilustrasi hubungan seks suami istri
Video viral TikTok bantah kebenaran pernyataan wanita bicara lebih banyak dari pria. Foto: Getty Images/iStockphoto/Ivanko_Brnjakovic
Jakarta -

Video viral di TikTok mengungkapkan bahwa klaim wanita dua kali lebih banyak berbicara daripada pria adalah mitos. Seniman asal Minneapolis, Minnesota, Abraham Piper menjelaskan dari mana kepercayaan itu berasal.

Video tersebut sudah disaksikan oleh lebih dari dua juta kali dan disukai sebanyak 616 ribu kali. Video ini juga sudah dibagikan sebanyak 18,9 ribu kali.

"Pernah dengar pernyataan bahwa wanita bicara 20 ribu kata per hari dan pria hanya 7 ribu? Baiklah, itu tidak masuk akal," ujarnya.

Ia mengatakan bahwa beberapa tahun lalu dua orang linguistis melakukan penelitian mengenai hal ini. Studi dilakukan dengan mengamati 56 orang. Hasilnya, hanya dua dari 56 yang rata-rata berbicaranya lebih banyak dari pada pria.

"Tapi ada yang gila soal mitos ini. Ini pertama kali dipublikasikan dan di popularisasi oleh James Dobson," katanya.

Piper menjelaskan, di tahun 1987, psikolog kristen konservatf itu menuliskan sebuah pernyataan yang memulai permasalahan ini. Dia mengatakan 'penelitian membuatnya jelas bahwa wanita bicara lebih banyak dua kali lipat daripada pria'.

"Angka pastinya? 50.000 kata untuk wanita dan 25 untuk pria. Kemudian dia mengekstrapolasi itu. Hal ini menyebabkan ketegangan di rumah karena pria pulang kerja dan mereka telah menghabiskan seluruh anggaran kata mereka untuk hari itu," sambungnya.

Dari sinilah kepercayaan ini bermula dan menyebar. Karena semakin sering didengar, semakin banyak orang yang percaya bahwa hal itu adalah benar adanya.

"Lain kali kamu mendengarkan, kamu akan tahu bahwa itu tidak masuk akal dan kamu siap untuk mengatakan. Itu propaganda seksis , sayap kanan, evangalis, pseudoscientific," pungkasnya.

Mengutip Bored Panda, di dalam buku 'The Female Brain' yang diterbitkan pada tahun 2006, Louann Brizendine, M.D. menyatakan bahwa wanita mengatakan sekitar 20.000 kata sehari, sedangkan pria mengatakan sekitar 7.000 kata -- yang mana hanya memperkuat stereotype tersebut. Sementara itu, Mark Liberman, seorang profesor linguistik di University of Pennsylvania, memutuskan untuk menyelidiki penelitian yang mendukung klaim tersebut.

Catherine Aponte, mantan psikolog klinis dan asisten profesor di Spalding University, menjelaskan bahwa ada beberapa kekurangan yang mendasari pernyataan tersebut.

"Apa yang dia temukan adalah bahwa pernyataan tentang seberapa banyak pria dan wanita berbicara berasal dari buku self-help, tanpa kutipan akademis yang merujuk pada pernyataan tersebut. Meninjau pernyataan serupa menghasilkan jumlah kata untuk wanita mulai dari 4.000 hingga 25.000 kata, sekali lagi tanpa penelitian yang mendukung pernyataan semacam itu," tuturnya.

Aponte selanjutnya menjelaskan situasi yang terbentuk di sekitar mitos tersebut. Ia menyebutkan bahwa Brizendine pada akhirnya menarik kembali pernyataannya ketika Liberman menunjukkan penelitiannya di artikel surat kabar. Ia mengatakan bahwa pernyataan itu akan dihapus pada edisi mendatang.



Simak Video "Cerita Nisya 'Gadis Berkumis' Berdamai dengan Keunikannya"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/afr)