Dunia Matrix Mungkin Nyata, Kita Sedang Menjalaninya

Dunia Matrix Mungkin Nyata, Kita Sedang Menjalaninya

Aisyah Kamaliah - detikInet
Jumat, 02 Apr 2021 10:10 WIB
Screenshoot film The Matrix.
Dunia matriks bisa jadi nyata dan kita sedang menjalaninya sekarang. Foto: Dok. Warner Bros
Jakarta -

Dunia yang kita jalani bisa jadi bukanlah kehidupan yang nyata. Mungkin saja dunia matriks itu benar-benar terjadi dan kita sedang menjalaninya sekarang walau tentu masih sebatas teori.

Semesta berdasarkan pada hukum-hukum yang ada. Hukum-hukum ini telah dipecah menjadi algoritma dan persamaan sederhana yang mengatur kehidupan dan galaksi kita. Ketepatan matematika, fisika, kimia, dan ilmu ilmiah lainnya dapat diterapkan pada hampir semua hal yang kita ketahui di dunia ini.

Mengutip Conspiracy Theories, kita mungkin belum menemukan penjelasan dari semua hukum tersebut, tetapi kemungkinan terbuka luas di masa depan bahwa kita bakal segera memecahkannya di masa depan. Jika penelitian-penelitian ini pada akhir sampau ke titik dapat diuji dan menjawab bagaimana dunia ini ada, maka hukum-hukum tersebut berarti dapat mereduksi realitas manusia dalam bentuk angka dan kode. Itu artinya, kehidupan manusia bisa dijelaskan dalam bilangan angka.

Lantas apa bukti paling mendukung bahwa kita berada di dunia simulasi alias matriks?

Pernah merasakan glitch dalam hidup? Atau pernah merasakan perasaan aneh deja vu, yang muncul entah dari mana serta atau melihat beberapa hal aneh tanpa penjelasan sama sekali? Bisa jadi ini adalah salah satu masalah yang terjadi pada angka-angka yang membentuk dunia matriks, sehingga terjadi gangguan.

Bukti mendukung lainnya, manusia terbuat dari sel. Percaya tidak percaya, ini berkorelasi dengan baterai. Selain itu, kita berfungsi berdasarkan kode moral dan fungsi sosial, hampir seperti cara kerja robot atau komputer. Kecerdasan dan kesadaran kita terbatas. Kita lahir tanpa pemahaman tentang dunia ini, tempat kita hidup dan dibesarkan.

Ketika film 'The Matrix' dirilis, itu membuka banyak pertanyaan tentang dimensi kita dan paradoksnya. Inception menunjukkan kepada kita cara yang sangat mudah tentang bagaimana simulasi dapat dimodelkan untuk merekayasa pikiran kita.

Masalahnya, detikers, sudah sejauh mana kita memahami dan sadar bila mungkin saja kita menjalani dunia matriks? Akankah kita akan menemukan jawabannya sebelum kita dimatikan?



Simak Video "Neo is Back! ''The Matrix 4'' Akan Segera Digarap Warner Bros"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/ask)