Peneliti Rilis Gambar Lubang Hitam Terbaru Paling Detail

Peneliti Rilis Gambar Lubang Hitam Terbaru Paling Detail

Rachmatunnisa - detikInet
Senin, 29 Mar 2021 06:59 WIB
Lubang Hitam
Ilustrasi lubang hitam. Foto: NASA
Jakarta -

Perlu waktu lama untuk menangkap gambar asli pertama black hole atau lubang hitam, namun hanya butuh beberapa tahun untuk melanjutkan perkembangannya. Para peneliti dari Event Horizon Telescope (EHT) telah merilis gambar lubang hitam yang paling detail saat ini.

Dikutip dari The New York Times, update terbaru dari lubang galaksi Messier 87 menunjukkan lubang hitam dalam cahaya terpolarisasi untuk pertama kalinya, berperilaku di tepi fenomena kosmik.

Visual baru ini menunjukkan bahwa medan ini cukup kuat untuk menawarkan ketahanan terhadap gas yang termagnetisasi di cakrawala peristiwa, membantu beberapa gas keluar dari gravitasi yang menghancurkan di dalam lubang itu sendiri.

"Gas harus menyelinap melalui wilayah itu untuk jatuh ke dalam lubang. Citra tersebut juga menunjukkan bahwa pusaran gas mendapatkan kekuatannya dari energi rotasi lubang hitam," kata Jason Dexter dari University of Colorado.

lubang hitam paling detailFoto ini menjadi gambar lubang hitam paling detail. Foto: Event Horizon Telescope

Data tersebut juga memungkinkan para ilmuwan memperkirakan bahwa lubang hitam adalah pemakan yang relatif sederhana, 'hanya' mengkonsumsi seperseribu massa Matahari setiap tahun.

Yang jelas, temuan ini menjanjikan lebih banyak wawasan di masa mendatang. Meski kombinasi teleskop EHT seluruh dunia terbatas, versi masa depan harus cukup mampu untuk menghasilkan video lengkap dari aktivitas magnetis lubang hitam.

Pada perkembangan temuan berikutnya nanti, mungkin saja ilmuwan akan bisa mengetahui bagaimana medan magnet mengekstraksi energi dari lubang hitam, dan mengungkap lebih jauh salah satu benda asing di alam semesta ini.



Simak Video "Misi Astronot AS dan Jepang di Luar Angkasa"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/afr)