Asal Muasal Balapan dan Persaingan ke Planet Mars

Balapan ke Mars

Asal Muasal Balapan dan Persaingan ke Planet Mars

Virgina Maulita Putri - detikInet
Sabtu, 20 Mar 2021 18:30 WIB
Misi UAE ke Mars
Asal Muasal Eksplorasi ke Mars Foto: Twitter
Jakarta -

Tahun ini China, Uni Emirat Arab dan Amerika Serikat berhasil mengirimkan wahana antariksa ke Mars. Siapa sangka ekspedisi ke Mars memiliki sejarah panjang yang dimulai sejak 60 tahun yang lalu.

Sejak tahun 1960-an negara-negara besar telah mengirimkan puluhan misi ke Mars. Di masa-masa awal, eksplorasi ini hanya terbatas untuk mengambil gambar sambil melewati orbit Planet Merah.

Kini seiring kemajuan teknologi, banyak negara yang mengirimkan wahana pengorbit, pendarat bahkan penjelajah yang menjelajahi Mars dari langit dan di permukaan. Berikut sejarah singkat ekspedisi ke Mars seperti dirangkum dari Space, Sabtu (20/3/2021).

Awal Mula

Misi pertama yang berhasil mencapai Mars adalah Mariner 4 milik NASA. Wahana antariksa ini diluncurkan pada 28 November 1964 dan tiba di Planet Merah pada 14 Juli 1965. Selama mengorbit, Mariner 4 mengirimkan 21 foto Mars kembali ke Bumi.

Meski AS menjadi negara pertama yang resmi tiba di Mars, Uni Soviet merupakan negara yang paling pertama mencoba terbang ke planet itu. Mereka telah mencoba sejak tahun 1960 dengan mengirimkan misi Marsnik 1, tapi percobaan mereka terus gagal hingga empat tahun kemudian.

Dua hari setelah misi Mariner 2 diluncurkan, Uni Soviet mencoba lagi dengan misi Zond 2. Misi ini berhasil melewati Mars tapi radionya tidak berfungsi dan tidak berhasil mengirimkan data ke Bumi.

Pada 28 Mei 1971, Uni Soviet mencoba lebih ambisius dengan mengirimkan misi Mars 3 yang terdiri dari wahana pengorbit dan pendarat. Wahana pengorbitnya bisa bekerja dengan sukses, tapi wahana pendaratnya hanya berfungsi selama 20 detik di permukaan Mars sebelum akhirnya mati.

Wujud Mars semakin terlihat jelas setelah misi Mariner 9 milik NASA tiba pada November 1971. Lewat misi ini, ilmuwan berhasil menemukan puncak gunung api yang telah mati dan salah satu ngarai terbesar di alam semesta bernama Valles Marineris.

Halaman selanjutnya: pendaratan di Mars...