NASA Bagi-bagi 'Tiket Gratis' Lagi ke Mars

NASA Bagi-bagi 'Tiket Gratis' Lagi ke Mars

Agus Tri Haryanto - detikInet
Sabtu, 06 Mar 2021 05:55 WIB
tiket gratis NASA ke Mars
Tiket ke Mars pada misi Mars 2020. Foto: NASA/JPL-Caltech
Jakarta -

Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) kembali membagikan 'tiket gratis' lagi kepada warga Bumi yang ingin ke Mars. Pemesanan boarding pass tersebut telah dibuka dan nantinya akan dikirim ke Planet Merah.

Tiket gratis tersebut berupa boarding pass, di mana kalian bisa memesan nama kalian yang akan dibawa oleh NASA ke Mars. Bentuknya seperti tiket transportasi umum, hanya saja kalian hanya bisa menyertakan nama saja, tidak termasuk orangnya.

NASA berencana akan mengirimkan misi ke Mars sekitar 2025. Belum diketahui wahana antariksa mana yang dipersiapkan NASA untuk membawa nama-nama warga Bumi ini. Kendati begitu, badan antariksa membuka terlebih dahulu pemesanan boarding pass.

Untuk mendapatkan tiket gratis ke Mars ini, kalian hanya perlu mengunjungi laman mereka. Kemudian mendaftarkan diri berupa identitas, mulai dari nama, nama keluarga, kode pos, dan alamat email.

Sejauh ini, Sabtu (6/3/2021) pagi sudah ada 11,2 juta nama yang melakukan reservasi dari berbagai negara. Amerika Serikat (AS) jadi yang paling banyak dengan 2.247 juta nama, kemudian Filipina 2.200 juta nama, Inggris Raya 933 ribu nama, Italia 614 ribu nama, hingga Indonesia dengan 255 ribu nama.

NASA kembali membagikan 'tiket gratis' lagi kepada warga Bumi yang ingin ke Mars.NASA kembali membagikan 'tiket gratis' lagi kepada warga Bumi yang ingin ke Mars. Foto: NASA

Dikutip dari website NASA, dibukanya pemesanan 'tiket gratis' ke Planet Mars ini lantaran ketika misi Mars 2020 di rover Perseverance yang membawa 10,9 juta nama di dalamnya, masih banyak peminat yang ingin membawa nama mereka ke planet tetangga Bumi tersebut.

Melihat antusiasme yang tinggi itu, NASA akhirnya membuka kembali program ini. Nama-nama yang sudah dipesan, akan disimpan di dalam mikrochip, kemudian ikut terbang ke Mars.

Sampai saat ini, pemesanan 'tiket gratis' ke Mars masih terbuka dan belum ada tanggal penutupannya. NASA mengatakan penutupannya akan diumumkan seiring dengan misi yang menerbangkan nama-nama tersebut.



Simak Video "NASA Kenalkan Ingenuity, Helikopter Penjelajah Planet Mars"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)