Terowongan Masa Depan Anti Macet dari Elon Musk - Halaman 2

Kendaraan Masa Depan

Terowongan Masa Depan Anti Macet dari Elon Musk

Adi Fida Rahman - detikInet
Minggu, 28 Feb 2021 08:34 WIB
Boring Company
Terowongan ajaib bebas macet. Foto: Reuters

Kian Meluas

Menanggapi proyek tersebut, peneliti transportasi Alon Levy menyebut terowongan ajaib Musk butuh dana yang tidak sedikit. Menurutnya menggali terowongan di bawah kota-kota AS cukup mahal. Jalur kereta bawah tanah Second Avenue New York saja misalnya, menghabiskan biaya USD 2,6 miliar per mil, Sementara biaya per mil untuk sistem kereta bawah tanah lainnya di negara tersebut cenderung berkisar antara USD 200 juta hingga USD 900 juta.

Tetapi perusahaan Musk mengklaim dapat membuat terowongan dengan harga yang jauh lebih murah, sebagian karena jalan raya bawah tanah akan dirancang untuk kendaraan listrik dan dibangun menggunakan peralatan terowongan listrik, sehingga mereka tidak memerlukan ventilasi yang ketat dan mahal seperti terowongan lainnya.

Tiga tahun sudah berlalu setelah diperkenalkan, proyek terowongan ajaib Musk rupanya berjalan. Malah penerapannya makin meluas.

Leg pertama yang dibangun di Las Vegas sudah akan dibuka. Terowongan itu diberi nama Vegas Loop, berbentuk lingkaran dengan jarak 1,6 kilometer.

Terowongan itu menghubungkan convention center, Las Vegas Strip dan bandara. Penumpang akan diangkut dengan mobil otonom Tesla dan akan beroperasi bersama bus umum, taksi dan monorel. Pembangunan terowongan tersebut ditaksir menghabiskan dana sampai USD 35-55 juta.

Di saat bersamaan, The Boring Company tengah menggarap beberapa terowongan di bagian utara AS. Selain itu Musk sudah hampir mencapai kesepakatan dengan pemerintah Miami, Florida untuk membuat terowongan serupa di sana.

Dihitung-hitung, terowongan ajaib bebas macet yang akan dibangun di Miami menelan dana USD 30 juta dan butuh waktu enam bulan penyelesaiannya.

(afr/fay)