Robot NASA Bawa Foto Keluarga Lucu ke Mars

Robot NASA Bawa Foto Keluarga Lucu ke Mars

Virgina Maulita Putri - detikInet
Sabtu, 27 Feb 2021 20:45 WIB
Rover Perseverance membawa foto keluarga ke Mars
Robot NASA Bawa Foto Keluarga Lucu ke Mars Foto: NASA/JPL-Caltech/Space.com
Jakarta -

Memasang stiker ala foto keluarga di belakang mobil bukan hanya hal yang digemari orang Indonesia. Robot penjelajah atau Perserverance milik NASA juga membawa stiker serupa ke Mars.

Stiker ini pertama kali terlihat saat Perseverance mengirimkan foto terbaru dari Mars yang diambil menggunakan kamera Navcam. Foto tersebut memperlihatkan punggung Perseverance yang dihiasi plakat berwarna hitam dengan gambar berwarna putih.

Jika dilihat sekilas, gambar itu terlihat seperti barisan kucing-kucing kecil. Ternyata setelah dilihat lebih dekat, gambar-gambar tersebut adalah simbol yang melambangkan semua robot NASA yang pernah mendarat di permukaan Mars.

Robot penjelajah dalam plakat tersebut disusun sesuai dengan waktu mereka mendarat di Planet Merah. Pertama ada rover Sojourner (1997), si kembar Mars Exploration Rovers Spirit dan Opportunity (2004), rover Curiosity (2012) dan Perseverance.

Rover Perseverance membawa foto keluarga ke MarsFoto dari kamera Navcam Perseverance. Kalian bisa temukan foto keluarganya? Foto: NASA/JPL-Caltech
Rover Perseverance membawa foto keluarga ke MarsFoto keluarga yang dibawa robot Perseverance ke Mars Foto: NASA/JPL-Caltech/Space.com

Di ujung kanan juga terlihat helikopter Ingenuity yang digambarkan sedang melayang. Ingenuity memang menumpang Perseverance dalam perjalanan ke Mars dan akan menjadi helikopter pertama yang terbang di planet lain, seperti dikutip dari Space, Jumat (26/2/2021).

Foto keluarga ini juga diunggah oleh Moogega Cooper, Planetary Protection Lead Engineer untuk rover Perseverance. Foto tersebut diambil saat portret keluarga ini belum ditempelkan ke Perseverance dan sedang dibersihkan.

Tapi portret keluarga ini tidak memasukkan semua foto wahana antariksa lain yang berhasil didaratkan NASA dan badan antariksa negara lain. Seperti misi Viking 1 dan Viking 2 yang membawa wahana lander dan orbiter milik NASA ke Mars pada tahun 1976.

Wahana lain yang tidak ikut masuk dalam foto keluarga ini adalah rover Tianwen-1 milik China. Rover ini dijadwalkan mendarat di Mars pada musim panas tahun ini.



Simak Video "Robot Canggih NASA Rekam Suara dari Planet Mars"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/afr)