Susul Amerika, China Siap-siap Daratkan Rover di Mars

Susul Amerika, China Siap-siap Daratkan Rover di Mars

Fino Yurio Kristo - detikInet
Sabtu, 27 Feb 2021 06:25 WIB
Tianwen-1
Ilustrasi Tianwen-1 di orbit Mars. Foto: AP
Jakarta -

Beberapa waktu lalu, wahana antariksa Tianwen-1 buatan China berhasil mengorbit Planet Mars. Itu bukan tujuan akhirnya karena Tianwen-1 akan mendaratkan rover ke permukaan Planet Merah, menyusul NASA yang telah sukses menurunkan rover robotika Perseverance.

Dalam laporan terbaru, Tianwen-1 saat ini telah menyesuaikan posisinya di orbit Mars sehingga bisa lebih leluasa dalam menganalisa permukaan Planet Merah, baik berupa foto maupun data lainnya yang dibutuhkan dalam rangka menentukan titik pendaratan yang paling tepat. Rencananya, jika semua berjalan lancar, pendaratan dilakukan bulan Mei atau Juni mendatang.

Tianwen-1, wahana pertama dari China yang menyambangi Mars, sekarang sudah berada dalam posisi 'parkir' di orbit dan cukup dekat dengan Mars. Posisi terdekatnya sekarang adalah 280 kilometer dari permukaan.

Seperti dikutip detikINET dari Space.com, Sabtu (27/2/2021), lokasi pendaratan rencananya di area bernama Utopia Planitia. Dengan posisinya saat ini, maka foto yang direkam oleh Tianwen-1 akan jauh lebih tajam dibandingkan sebelumnya sehingga mempermudah riset oleh tim yang berada di Bumi.

Kamera Tianwen-1 akan mengobservasi berkali-kali untuk mengevaluasi topografi maupun kondisi debu di permukaan Mars. "Kami akan meneliti semua informasi tersebut dalam persiapan untuk pendaratan yang aman," kata Tan Zhiyun, ilmuwan di China Academy of Space Technology (CAST).

Mengamati tempat pendaratan dengan sebaik-baiknya sangat penting, apalagi rover China yang seberat 240 kilogram itu mengandalkan sumber daya dari Matahari. Badai debu di Mars dapat menjadi ancaman besar bagi asupan daya tersebut.

Jika sukses mendarat rover yang dibawa Tianwen-1 akan menginvestigasi karakteristik tanah dan distribusi air es di Mars menggunakan instrumen bernama Subsurface Exploration Radar.



Simak Video "Punya Antena Raksasa, China Siap Terima Info Rahasia Planet Mars"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/afr)