NASA Ungkap Gambar Venus yang Menakjubkan

NASA Ungkap Gambar Venus yang Menakjubkan

Rachmatunnisa - detikInet
Jumat, 26 Feb 2021 16:43 WIB
venus
NASA Ungkap Gambar Venus yang Menakjubkan. (Foto: NASA / Johns Hopkins APL / Naval Research Laboratory / Guillermo Stenborg dan Brendan Gallagher)
Jakarta -

NASA mengungkap gambar Venus yang menakjubkan. Gambar ini diambil oleh pesawat ruang angkasa yang dikirim untuk mempelajari Matahari.

Pada gambar hasil jepretan Parker Solar Probe ini, terlihat bahwa planet tetangga dekat Bumi ini bersinar dengan cerah. Ini menjadi kejutan bagi insinyur dan ilmuwan yang mengambil gambarnya.

Seperti namanya, pekerjaan utama Parker Solar Probe adalah mempelajari Matahari. Pesawat luar angkasa seukuran mobil itu menjadi yang pertama 'menyentuh' Matahari.

Namun, seperti dikutip The Independent, Jumat (26/2/2021) objek lain di tata surya kita juga menjadi kunci dari misi ini. Karenanya, Probe juga akan terbang melewati Venus sebanyak tujuh kali, menggunakan gravitasinya untuk mendekat ke Matahari.

Seperti tugas yang dilakukannya, Probe mengungkapkan informasi tentang benda-benda yang didekatinya, selain Matahari. Musim panas lalu, dibutuhkan gambar Venus saat terbang melintas. Gambar ini rupanya membantu para peneliti menemukan sesuatu yang tidak terduga tentang planet tersebut.

Ketika para ilmuwan meneliti gambar yang diambil dari sisi malam Venus pada jarak 12.400 km itu, menggunakan peralatan Wide-field Imager for Parker Solar Probe (WISPR)yang dipasang di pesawat, mereka terkejut melihat bahwa gambar tersebut menangkap lebih banyak informasi dari yang mereka harapkan.

"WISPR disesuaikan dan diuji untuk pengamatan cahaya tampak. Awalnya kami hanya berharap bisa melihat awan. Namun kameranya mengintip hingga ke permukaan," kata Angelos Vourlidas, ilmuwan proyek WISPR dari Johns Hopkins Applied Physics Laboratory.

Para ilmuwan kemudian mengecek seberapa sensitif instrumen tersebut terhadap cahaya inframerah. Jika, seperti yang terlihat, peralatan tersebut mampu melihat panjang gelombang inframerah jarak dekat, maka peralatan itu bisa lebih berguna dari yang diperkirakan karena memungkinkan para ilmuwan mempelajari debu di sekitar Matahari dan di tata surya di dekatnya.

Kalaupun tidak dapat melihat panjang gelombang ekstra, instrumen ini tetap berguna, karena gambar tersebut mungkin mewakili cara baru untuk melihat Venus.



Simak Video "Misi Astronot AS dan Jepang di Luar Angkasa"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)