Dengarkan, Ini Suara Pertama yang Direkam di Planet Mars

Dengarkan, Ini Suara Pertama yang Direkam di Planet Mars

Fino Yurio Kristo - detikInet
Kamis, 25 Feb 2021 14:34 WIB
Foto Pendaratan Perseverance di Mars
Perseverance mendarat di permukaan Mars. Foto: NASA via AP
Jakarta -

Rover robotika Perseverance tak hanya telah mengirimkan banyak foto dan video setelah mendarat dengan selamat di permukaan Mars. Dibekali pula dengan mikrofon, robot ini pun dapat merekam suara di Planet Merah dan mengirimkannya ke Bumi.

Ini adalah pertama kalinya rekaman audio dilakukan di permukaan Planet Mars. Perseverance sendiri punya dua mikrofon di bodinya untuk merekam seperti apa bebunyian di dunia lain itu.

NASA pun telah memajang rekaman audio planet Mars di Twitter. Terdengar suara mekanis dari rover Perseverance dan di latar belakang desiran mirip angin di Mars.

Sebenarnya, rover InSight yang terbang ke Mars pada tahun 2018 sudah pernah merekam suara Mars, tapi bukan dengan mikrofon melainkan memanfaatkan seismometer dan sensor tekanan udara. Jadi baru kali ini murni ada rekaman yang berasal dari mikrofon.

Seperti dikutip detikINET dari Futurism, Kamis (25/2/2021), NASA merancang mikrofon di Perseverance untuk merekam suara saat memasuki Mars dan mendarat di permukaannya. Kemudian mikrofon kedua disambungkan dengan instrumen kamera SuperCam.

Perangkat SuperCam sendiri belum dinyalakan karena tim dari Bumi masih memeriksanya untuk memastikan bisa beroperasi dengan lancar. Adanya mikrofon akan ikut membantu Perseverance bermanuver di daratan Mars.

"Kami tahu bahwa publik terpukau dengan eksplorasi Mars, jadi kami menambahkan mikrofon EDL Cam pada rover ini karena kami berharap bisa menambah pengalaman, terutama bagi fans yang penglihatannya kurang serta untuk menginspirasi orang di seluruh dunia," ujar Dave Gruel, Lead Engineer NASA's Jet Propulsion Lab.



Simak Video "Robot Canggih NASA Rekam Suara dari Planet Mars"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)