Misi Robot NASA Cari Alien di Mars Bisa Bikin Geger

Fino Yurio Kristo - detikInet
Sabtu, 20 Feb 2021 05:45 WIB
Helikopter Ingenuity
Ilustrasi rover Perseverance dan heli Ingenuity di permukaan Mars. Foto: NASA

Misi utama rover robotika Perseverance di Planet Mars adalah mencari tanda-tanda kehidupan di sana alias alien. Jika berhasil ditemukan, tentu akan bikin geger khususnya di kalangan ilmuwan.

Memang bukan tanpa alasan kawah Jezero Crater dipilih sebagai tempat pendaratan. NASA memilihnya lantaran dianggap sebagai lanskap paling menarik dari sisi ilmiah.

Ada kemungkinan Jezero Crater dulu adalah delta sungai, di mana molekul organik kuno dan tanda kehidupan mikroba mungkin tersimpan dari miliaran tahun silam.

"Kami akhirnya memilih kawah Jezero di Planet Mars karena merupakan lokasi menjanjikan untuk menemukan molekul organik dan tanda-tanda menjanjikan lain kehidupan mikrobial," kata Ken Farley, Project Scientist Perseverance seperti dilansir dari NBC News, Sabtu (20/2/2021).

Rover berbiaya USD 2,7 miliar ini akan meneliti kemungkinan adanya habitat dan kehidupan Mars di masa silam dengan mengambil sampel dari permukaan Mars mengandalkan perangkat pengeboran dan instrumen canggih lainnya.

Bahkan nantinya, sampel itu akan dibawa ke Bumi. Perseverance akan mengebor beberapa centimeter, kemudian sampel yang dianggap paling bagus dimasukkan ke kontainer. Nah, kontainer ini akan ditinggalkan di permukaan Mars untuk diambil kembali oleh misi manusia ke Mars selanjutnya.

"Komponen kunci dari pekerjaan NASA adalah mencari blok pembangun dan tanda kehidupan di tempat lain dan kami bersemangat pada penemuan dari rover di Mars saat ini maupun yang akan datang," kata juru bicara NASA, Allard Beutel beberapa waktu silam.

"Seperti saat astronot NASA mendarat di Bulan mengubah konsepsi tentang tempat kita di alam semesta, penemuan kehidupan di lokasi lain akan menjadi event yang mengubah peradaban. Seperti halnya semua temuan, NASA akan membagikan informasi valid pada dunia sesegera mungkin," tambahnya.

Walaupun bukan kehidupan di masa kini melainkan purba dan mungkin hanya dalam bentuk organisme, tetap saja jika berhasil dibuktikan nantinya akan memastikan bahwa kehidupan tidak sebatas di Bumi.

Dr Garik Israelan, pakar astrofisika terkemuka dan pendiri Starmus Festival, beberapa waktu lalu meyakini Perseverance akan berhasil dalam misinya. "Perseverance punya 10% peluang untuk menemukan mikroba di Planet Mars. Ini memang murni spekulasi. Tapi itu sungguh adalah angka peluang yang bagus," kata Garik.

Simak Video "Robot Canggih NASA Rekam Suara dari Planet Mars"