Indonesia dan 5 Negara yang Akan Pakai Vaksin AstraZeneca - Halaman 2

Indonesia dan 5 Negara yang Akan Pakai Vaksin AstraZeneca

Rachmatunnisa - detikInet
Jumat, 19 Feb 2021 05:45 WIB
Jurnal Medis Lancet: Vaksin AstraZeneca Tunjukkan Hasil Menjanjikan
Negara-negara yang Setujui Vaksin COVID-19 AstraZeneca. Foto: DW (News)

4. Afrika Selatan

Afrika Selatan sebenarnya sudah menyetujui penggunaan vaksin AstraZeneca, namun kini berniat menundanya. Negara ini bahkan meminta 1 juta dosis vaksin AstraZeneca buatan Serum Institute of India yang dikirimkan pekan lalu agar ditarik kembali.

Hal ini dilakukan karena hasil uji klinis menunjukkan, vaksin tersebut tidak cukup ampuh mencegah varian baru COVID-19 501Y.V2 yang saat ini tengah mewabah di Afrika Selatan.

5. Australia

Badan pengawas obat-obatan Australia, Therapeutic Goods Administration (TGA), pada Selasa (16/2) baru saja menyetujui vaksin AstraZeneca untuk digunakan pada orang yang berusia di atas 18 tahun.

Namun TGA mengatakan, keputusan untuk memvaksinasi kelompok warga berusia di atas 65 tahun harus dinilai secara kasus per kasus. Vaksin ini adalah vaksin COVID-19 kedua yang mendapatkan lampu hijau dari TGA, yang sebelumnya telah menyetujui penggunaan vaksin Pfizer.

6. Indonesia

Pemerintah Indonesia dalam kerjasama multilateral dengan GAVI COVAX Facility oleh WHO berhasil mengamankan puluhan juta dosis vaksin COVID-19 yang dikembangkan AstraZeneca.

Kepala BPOM Penny Kusumastuti Lukito menyebutkan, pihaknya akan segera mengeluarkan izin penggunaan darurat pada vaksin tersebut untuk Indonesia.

"Kami mendapatkan informasi emergency use authorization listing dari WHO untuk vaksin AstraZeneca yang akan didistribusikan melalui kerja sama multilateral sudah dikeluarkan. Tugas BPOM mengeluarkan emergency use authorization," kata Penny dalam konferensi pers online, Selasa (16/2).

Sebanyak 13,7 juta-23 juta dosis vaksin AstraZeneca diperkirakan akan diterima Indonesia dengan rincian kuartal I, sebanyak 25-35%, dan kuartal II sebanyak 65-75% dari alokasi tahap awal.

(rns/fay)