4 Teori Konspirasi yang Terbantahkan Fakta, Auto Hoax!

4 Teori Konspirasi yang Terbantahkan Fakta, Auto Hoax!

Aisyah Kamaliah - detikInet
Rabu, 17 Feb 2021 12:13 WIB
Orang-orang merayakan penampakan UFO di Roswell
Ilustrasi alien. Foto: Getty Images
Jakarta -

Banyak teori konspirasi yang terbantahkan oleh fakta, salah satunya teori alien di Roswell, AS. Sempat ramai-ramai karena banyak yang percaya, ternyata kabar ini hanya hoaks belaka.

Dirangkum detikINET, Rabu (17/2/2021) ini dia 4 teori konspirasi yang digilai banyak orang namun ternyata terbukti salah.

1. Teori konspirasi Roswell

Kita mulai dari yang paling populer. Dipercaya ada sebuah pesawat alien yang jatuh di Kota Roswell, New Mexico, AS. Sekitar tahun 2000-an, heboh foto yang menunjukkan seolah-olah ada ilmuwan yang sedang melakukan pembedahan pada sesosok mahluk asing.

Ternyata itu adalah pekerjaan orang-orang yang terobsesi pada UFO dan alien. Mereka membuat dokumentasi seakan-akan apa yang mereka lakukan adalah benar, padahal itu adalah sebuah skenario yang lantas membuat sebagian orang di media sosial percaya akan kebenarannya.

2. Segitiga Bermuda markas alien yang kerjasama dengan Amerika Serikat

Segitiga Bermuda dianggap suatu tempat yang mistis sampai-sampai nih tersebar kabar bahwa di sanalah markas alien berada di Bumi.

Padahal, mengutip Live Science, kesimpulan ilmiah yang didapatkan dari penelitian dan hipotesis ilmiah, mengungkap bahwa Segitiga Bermuda memiliki arus air yang sangat kuat, ditambah dengan cuaca ekstrem yang sering terjadi di atasnya. Belum lagi, kecelakaan sering terjadi di Segitiga Bermuda dan kerap diberitakan secara masif. Sampai sekarang juga belum ada bukti nyata kalau alien pernah ke Bumi.

3. Ada alien 2 miliar tahun lalu

Ditemukan tambang uranium dan reaktor nuklir yang berusia 2 miliar tahun di daerah Okla, Gabon. Setelah diteliti, bukan makhluk cerdas yang menghampiri Bumi yang menjadi latar belakang ini melainkan peluruhan alami.

4. Pendaratan di Bulan hoaks?

Ada yang masih meragukan kebenaran astronaut Amerika Serikat berhasil tiba ke Bulan pada Juli 1969. Faktanya, banyak sudah ilmuwan yang meyakini kebenarannya karena bebatuan yang dibawa pulang ke Bumi. Batu-batuan tersebut berbeda dengan yang ada di Bumi dari segi komposisi yang paling mencolok yakni tidak adanya kandungan air maupun fosil organisme.



Simak Video "Stop Penyebaran Hoaks Seputar COVID-19! Saring Dahulu, Sebar Kemudian"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)