Makhluk Aneh di Kedalaman Antartika Bikin Bingung Ilmuwan

Makhluk Aneh di Kedalaman Antartika Bikin Bingung Ilmuwan

Fino Yurio Kristo - detikInet
Rabu, 17 Feb 2021 09:01 WIB
Makhluk aneh di antartika
Makhluk aneh di Antartika. Foto: Live Science
Antartika -

Ketika para ilmuwan ini mengebor lapisan es sedalam 900 meter di Antartika, mereka menemukan kejutan. Ada makhluk aneh yang belum diketahui jenisnya berada di dasar lautan itu.

Sebenarnya, ilmuwan dari British Antarctic Survey ini sebenarnya bukan dalam misi mencari makhluk hidup. Mereka adalah para pakar geologi yang ingin mendapatkan sampel sedimen dari dasar laut.

Lokasi penggalian adalah di lapisan es Filchner-Ronne. Ditutunkan perangkat kamera ke dalam lubang yang mereka bor tersebut. Mereka berharap dapat mencapai lumpur, tapi malah kena batu. Namun di situlah kamera merekam segerombolan makhluk mirip spons dan jenis lainnya yang belum teridentifikasi.

Dikutip detikINET dari Live Science, Rabu (17/2/2021) penemuan di kedalaman Antartika itu sama sekali tidak diduga. "Ini adalah lokasi di mana kami tidak memperkirakan ada komunitas makhluk semacam itu bisa hidup," kata Huw Griffiths, pakar biologi kelautan.

"Hal ini menunjukkan bahwa kehidupan lebih tangguh dan lebih kuat dari apa yang kami perkirakan, jika bisa hidup dalam kondisi seperti itu," tambah dia.

Binatang lain memang pernah ditemukan di kedalaman Antartika termasuk ikan dan arthropods. Ada juga ubur-ubur di mana mereka bergerak untuk menemukan sumber makanan.

Akan tetapi hewan yang belum dikenal ini tetap pada tempatnya dan tidak diketahui dari mana mereka mendapatkan sumber makanan di lingkungan ekstrim tersebut. Mungkin saja ada organisme yang tersapu gelombang bawah air sebagai sumber nutrisi mereka.

Namun demikian, teori itu masih spekulasi dan diperlukan penelitian lebih lanjut. "Apakah mereka memakan sumber makanan yang sama? Atau mereka mendapatkan nutrisi dari satu sama lain? Ataukah ada hewan yang bergerak di area Antartika ini dan menyediakan makanan untuk komunitas ini?" kata Griffiths mengenai pertanyaan-pertanyaan yang belum dapat terjawab.



Simak Video "Virus Corona Sudah Sampai di Antartika!"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/afr)