Robot Diminta Melukis, Ini Hasilnya

Robot Diminta Melukis, Ini Hasilnya

Aisyah Kamaliah - detikInet
Selasa, 16 Feb 2021 10:42 WIB
Robot humanoid AI Ai-Da akan memamerkan serangkaian hasil lukisan berupa potret dirinya sendiri yang dia buat dengan melihat ke cermin.
Robot Ai-Da yang bisa melukis dengan apik. Foto: Ai-Da
Jakarta -

Robot humanoid AI akan memamerkan serangkaian hasil lukisan berupa potret dirinya sendiri yang dia buat dengan melihat ke cermin dengan mata kameranya.

Robot ini disebut Ai-Da, terinspirasi dari ahli matematika abad ke-19 Ada Lovelace. Ai-Da merupakan robot ultra-realistis pertama yang mampu menggambar orang dari kehidupan menggunakan matanya dan pensil di tangannya.

Cara Ai-Da melukis sangat menakjubkan. Dia cukup melihat ke cermin, kemudian proses AI dan program algoritma mengubah apa yang dia lihat menjadi koordinat, sebagaimana dilansir Daily Mail, Selasa (16/2/2021)

Tangan robotik yang digunakan oleh Ai-Da -- yang dikembangkan oleh para insinyur di Leeds -- kemudian menghitung jalur virtual, menafsirkan koordinat untuk membuat karya seni.

Robot humanoid AI Ai-Da akan memamerkan serangkaian hasil lukisan berupa potret dirinya sendiri yang dia buat dengan melihat ke cermin.Robot humanoid AI Ai-Da akan memamerkan serangkaian hasil lukisan berupa potret dirinya sendiri yang dia buat dengan melihat ke cermin. Foto: Ai-Da

Robot humanoid AI Ai-Da akan memamerkan serangkaian hasil lukisan berupa potret dirinya sendiri yang dia buat dengan melihat ke cermin.Hasil gambar atau lukisan yang dibuat oleh Ai-Da, robot humanoid AI. Foto: Ai-Da

Pemilik galeri seni Oxford Aidan Meller dan kurator Lucy Seal pun terinspirasi dengan hasil gambar Ai-Da dan mendapatkan ide untuk memamerkan karya tersebut.

Seal mengatakan potret diri yang dihasilkan Ai-Da bisa untuk menjadi gambaran tentang ketergantungan dunia modern pada teknologi di dunia dengan bahan bakar data.

"Kami hidup dalam budaya selfie tetapi kami memberikan data kami kepada (raksasa teknologi), yang menggunakannya untuk memprediksi perilaku kami. Melalui teknologi kami mengalihdayakan pilihan kami sendiri," ujarnya kepada The Sunday Times.

Menurut kamu bagaimana, detikers? Apakah kamu menyukai gambar yang dihasilkan robot humanoid Ai-Da?



Simak Video "Melihat Lukisan Bersejarah Karya Orang-orang Ternama di Bali"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)