Pocong Dikejar Anjing di Sulsel, Apa Anjing Bisa Lihat Hantu?

Pocong Dikejar Anjing di Sulsel, Apa Anjing Bisa Lihat Hantu?

Aisyah Kamaliah - detikInet
Selasa, 16 Feb 2021 10:00 WIB
Tangkapan layar video viral pocong dikejar anjing di Jeneponto, Sulsel (dok. Istimewa).
Foto: Tangkapan layar video viral pocong dikejar anjing di Jeneponto, Sulsel (dok. Istimewa).
Jakarta -

Viral kejadian pocong dikejar oleh anjing di Sulawesi Selatan. Secara sains, apakah anjing memang bisa melihat setan?

Mengutip Reader's Digest, sebenarnya manusia jauh lebih baik daripada anjing dalam merasakan warna dan kejernihan. Namun, anjing dapat melihat gerakan jauh lebih baik daripada manusia terutama dalam kondisi cahaya redup, kata Jill Villarreal, PhD, kepala ahli perilaku hewan untuk perusahaan makanan hewan Open Farm.

Jadi, jika kamu percaya pada hantu dan berpikir bahwa hantu cenderung muncul di kegelapan, maka kemungkinan anjing akan berada dalam posisi yang jauh lebih baik untuk melihat mereka daripada manusia.

Menurut Jesus Aramendi, DVM, dokter hewan senior untuk Chewy, anjing juga dapat mendengar frekuensi dua kali lebih banyak daripada manusia. Mereka dapat menangkap suara yang jaraknya empat kali lebih jauh daripada yang dapat dideteksi manusia. Karenanya, jika hantu memang ada, anjing bisa saja memiliki indra pendengaran yang kuat sehingga mereka bisa mengenalinya dari suara.

Masih kata Dr Aramendi, anjing juga memiliki kelebihan dalam urusan membaui. Indera penciuman anjing bisa 10.000 hingga 100.000 kali lebih sensitif daripada indera penciuman manusia. Bisa dibilang, anjing memiliki yang dinamakan Extra Smell Perception atau ESP. Anjing merupakan hewan yang memiliki sensitivitas yang baik.

Tapi perhatikan juga kemungkinan lain yang membuat anjing memiliki gelagat aneh yang kamu curigai dikarenakan mereka telah melihat mahluk halus. Biasanya anjing mengikuti emosi yang dimiliki pemiliknya. Ketika kamu merasa takut, anjing akan melakukan copy dengan gerakan menggerakkan ekor yang cemas atau bahkan menggonggong.

Kamu bisa membuatnya tenang dengan terus mengelus si anjing di bagian yang ia sukai sampai merasa lebih baik. Namun bila si anjing masih saja bertindak aneh... Psychic crime solver Kristy Robinett, percaya bisa saja memang anjing kesayanganmu sedang melihat sesuatu yang kasat mata. Waduh!

Sebelumnya, viral sebuah video rekaman kamera pengawas (CCTV) yang memperlihatkan seekor anjing mengejar sosok mirip pocong. Kejadian tersebut berasal dari Jeneponton, Sulawesi Selatan dan langsung ramai diperbincangkan di medsos.

Dalam rekaman video yang viral, tampak seekor anjing berada di hadapan rumah warga. Anjing tersebut kemudian mengejar sosok menyerupai pocong yang lewat di seberang jalan depan rumah.

Diduga, anjing tersebut gagal melakukan pengejaran sebab sosok menyerupai pocong itu melompat-lompat dengan cepat.



Simak Video "Harpa Tanpa Senar, Teknologi Unik di Taman Mini Indonesia Indah Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/ask)