Bolehkah Bersin Sambil Buka Mata? Ini Kata Ahli

Bolehkah Bersin Sambil Buka Mata? Ini Kata Ahli

Yudistira Perdana Imandiar - detikInet
Senin, 11 Jan 2021 07:46 WIB
ilustrasi flu
Ilustrasi bersin. Foto: Getty Images
Jakarta -

Pernahkah kamu mencoba membuka mata saat bersin dan apakah berbahaya? Mungkin akan sulit untuk melakukannya, karena sebagian besar manusia secara otomatis menutup mata begitu bersin.

Ternyata, membuka mata saat bersin bukanlah sesuatu yang mustahil. Setiap orang bisa melakukannya, asal dapat mengatur reflek agar mata tak keburu tertutup saat hendak bersin.

Dekan Institut Ilmu Klinis dan Penelitian Translasional Texas A&M University David Huston menjelaskan menutup mata bukanlah sesuatu yang harus dilakukan saat bersin, melainkan hanya karena kebiasaan saja.

"Faktanya bisa-bisa saja bersin dengan mata terbuka karena (menutup mata) itu bukanlah sesuatu yang diharuskan," kata David dikutip detikINET dari IFL Science, Senin (11/1/2020).

Ia menerangkan bersin merupakan mekanisme yang dilakukan tubuh untuk mengeluarkan partikel asing di hidung. Menurut David, menutup mata tidak termasuk mekanisme dalam bersin, tapi dengan posisi kelopak mata tertutup maka akan mencegah masuknya partikel asing dari hidung ke area mata saat bersin.

Secara ilmiah, tidak ada sistem di hidung dan mata yang saling terkoneksi sehingga menyebabkan mata tertutup saat akibat tekanan udara di hidung saat bersin. Selain itu, anggapan soal bola mata bisa keluar atau bergeser jika membuka mata saat bersin dipastikan tidak benar.

Tekanan kepada otot-otot di hidung ketika bersin tidak cukup kuat untuk melontarkan bola mata keluar dari posisinya.

"Tidak ada hubungannya menutup mata dengan mencegah bola mata keluar," kata Profesor Bedah dan Kepala Seksi Otolaringologi di University of Chicago Medicine Dr Robert Naclerio.

Bisa disimpulkan, membuka mata saat bersin tidaklah berbahaya. Tapi, dokter menyarankan sebaiknya menutup mata saat bersin, karena hal itu bisa menjadi mekanisme perlindungan untuk mencegah infeksi ataupun penyakit yang disebabkan partikel asing yang dilansir dari hidung.

Jika membuka mata saat bersin bukanlah sesuatu yang berbahaya, lain halnya dengan membekap hidung dan mulut ketika bersin. Hal itu dapat berakibat fatal.

IFL Science melaporkan seorang remaja dilarikan ke rumah sakit usai mencoba menutup mulut dan hidung saat bersin. Bukan karena matanya keluar, tetapi akibat mulut dan hidung tertutup maka udara yang harusnya keluar dari hidung malah berbalik hingga merobek saluran tenggorokan.

Selain itu, tekanan udara tersebut mengganggu kinerja alveolus (kantung udara) di paru-paru. Hal itu mengakibatkan sesak nafas hingga berakibat fatal.



Simak Video "Heboh Virus Corona, Uya Kuya Berbagi Tips Tutup Mulut saat Bersin"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/afr)